Making Appointment & Reservation by Phone ; Belajar Bahasa Inggris Yuk

10.05

Sahabat Rumah Belajar,
Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari Bagaimana cara membuat janji temu melalui telepon dalam Bahasa Inggris
‘HOW TO MAKE APPOINTMENT BY PHONE’ 



Dan inilah yang akan kita pelajari saat ini:

1. Bagaimana cara menelpon dan menerima telepon dalam membuat perjanjian dengan bahasa Inggris
2. Menyimak dan menirukan percakapan untuk menelpon dan menerima telepon dalam membuat perjanjian
3. Berlatih bermain peran menelpon dan menerima telepon dalam membuat perjanjian

Okay are you ready? Lets start it now.

Sahabat Rumah Belajar, Have you ever made a phone call? Off Course, I’m sure you have made phone calls several times. Telephone has become familiar among us. Mobile phones have become part of our live.

Sahabat Rumah Belajar, Have you ever made an appointment? To meet a friend maybe. To see a dentist perhaps.

Pengertian 'Appointment' dan Fungsinya

Apa pentingnya membuat janji? Apalagi dalam bahasa Inggris?

Sahabat Rumah Belajar, era sekarang adalah era global dimana kegiatan bisa berskala mendunia. Kita bisa berhubungan dengan siapa saja dari seluruh penjuru dunia. Dan bahasa Inggris adalah salah satu alat komunikasinya. Misalnya:
Bisa saja terjadi di situasi membuat janji dalam hal urusan bisnis
Membuat janji untuk membahas beasiswa luar negeri dengan pihak universitas
Membuat janji bertemu dengan dokter atau tenaga medis saat kita memerlukan

Telepon merupakan salah satu media yang dapat kita gunakan. Dengan menelpon terlbih dahulu, kita dapat memastikan kapan dan dimana janji temu itu dapat terlaksana.
Kata Appointment dalam bahasa Indonesia bisa diartikan ‘janji’ – make appointment berarti membuat janji. Mengatur janji bertemu seseorang pada waktu dan tempat tertentu. Sinonim kata appoinment adalah : meeting, engagement, atau arrangement

ap•point•ment
/əˈpointmənt/

(noun)
an arrangement to meet someone at a particular time and place.
- For business
- See the doctor or dentist
Example: "The customer made an appointment with my receptionist"
synonyms: meeting, engagement, interview, arrangement;
Agar suatu saat nanti Sahabat Rumah Belajar tidak mengalami kesulitan,
ayo kita sekarang pelajari bagaimana cara menelpon dan menerima telepon dalaam bahasa Inggris untuk membuat perjanjian.

Cara Membuat Janji Melalui Telepon

1. Greet politely  and Introduce yourself

Sapalah lawan bicara kita dengan cara berbicara yang ramah dan sopan.  Kata yang umum digunakan saat menyapa lewat telepon misalnya : 'Hello '
Saat kita menelpon sebuah kantor atau klinik dokter, kita menggunakan bahasa yang lebih formal. Biasanya yang menerima telpon kita adalah sekertaris atau resepsionis. Maka setelah menyapa perkenalkan siapa diri dan mengapa anda menelpon.
Contohnya seperti berikut :
Good morning.
This is Rose calling. I’d like to make an appointment to see Mr. John.

Beberapa resepsionis kantor mungkin akan menanyakan alasan lebih lanjut untuk keperluan anda membuat janji temu. Sahabat Rumah Belajar mungkin akan mendengar pertanyaan seperti berikut :
  • Can you tell me what’s its about?
  • Can you tell me what it’s regarding?
  • Sahabat dapat menjawab dengan alasan yang ringkas dan jelas. Misalnya:
  • Yes, it’s about the new marketing strategy.
  • Yes, it’s about the advertising campaign
Jika Sahabat dijawab langsung oleh orang yang bersangkutan, bukan lewat resepsionis, Sahabat dapat langsung mengungkapnya sebagai berikut:
Hi / Hello/ Good afternoon. It’s Rose. Can we meet to talk about ....

2. Suggest the time and place

Jika yang menjawab telpon anda adalah lewat resepsionis. Sahabat akan mendengar frase seperti :
  • Ok. Let me take a look in his diary.
  • I can fit you in next Friday.
  • I can fit you in tomorrow evening.
  • Oh. His diary in full until next Monday.
  • I can’t fit you in until next Friday.
Dan Sahabat dapat menjawab seperti ini:
Reply:
Agreeing on a date
  • "Yes, Thursday is fine."
  • "Thursday suits me."
  • "Thursday would be perfect."
  • "That suits me well."
  • "That’s fine. What sort of time?"
Suggesting a different date
  • "I'm afraid I can't on the 3rd. What about the 6th?"
  • "I'm sorry, I won't be able to make it on Monday. Could we meet on Tuesday instead?"
  • "Ah, Wednesday is going to be a little difficult. I'd much prefer Friday, if that's alright with you."
  • "I really don't think I can on the 17th. Can we meet up on the 19th?"
Jika Sahabat berbicara langsung dengan orang yang bersangkutan, Orang tersebut bisa menanyakan :
Sure! When suits you?
Sure! When would you like to meet?

Dan inilah beberapa ungkapan untuk membuat saran. Suggest the time or the place:
Making suggestions
  • What about next Monday? At your office?
  • How about next Monday?
  • How does next Monday sound?
  • Are you available next Monday?
  • Would you be available next Monday?
  • Would Monday morning suit you?
  • Would Monday morning be convinient?
Sahabat Rumah belajar, langkah selanjutnya saat bertelepon untuk membuat janji adalah ‘Check and Confirm’ .

3. Check and confirm

Sebelum mengakhiri telpon, Sahabat sebaiknya mengecek ulang tentang janji yang telah disepakati dan memastikannya. Tujuannya agar kedua belah pihak merasa pasti dan mengingat tanggal dan janji temu yang telah ditetapkan.
Frasa yang sering digunakan adalah :
Ok. So that’s Monday at 4 pm.
Shall we meet in the boardroom?
Shall I come to your office?
Thanks see you then.
Nah, Sahabat Rumah belajar itu tadi beberapa cara dasar untuk membuat janji melalui telepon. Itulah beberapa frasa Bahasa Inggris yang dapat sahabat gunakan. Sekarang, yuk kita berlatih. Let's get some practices!

Latihan Menyimak dan Bermain Peran

Untuk mengingat kembali beberapa cara dan frasa yang sudah kita pelajari. Mari kita dengarkan contoh percakapan berikut. Perhatikan dan catat, frasa apa saja yang digunakan dalam dialog yang diperdengarkan.
Dialog ini diambil dari podcast BBC Learning English.
Setelah itu, tirukan bunyinya dengan membaca keras frasa-frasa yang sahabat tuliskan.

Sahabat dapat pula mengulang - ulang frasa tersebut dengan menggunakan tombol pause and play.

Dialog ini terjadi dalam percakapan telepon antara Peter dan Michelle. Peter ingin membuat janji dengan atasan Michelle , yaitu Mr. Hibberd. Can you notice when and where the meeting will be held? Okay, listen carefully:




LC transkrip:
Michelle: Mr Hibberd’s office!

Peter      : Hello, can I speak to Brian Hibberd, please?

Michelle: I’m afraid he’s in a meeting until lunchtime. Can I take a message?

Peter      : Well, I’d like to arrange an appointment to see him, please.   It’s Peter Jefferson here.

Michelle: Could you hold on for a minute, Mr Jefferson. I’ll just look in the diary. So when’s convenient for you?

Peter     : Some time next week if possible. I gather he’s away the following week.

Michelle: Yes, that’s right, he’s on holiday for a fortnight.

Peter      : Well, I need to see him before he goes away. So would next Wednesday be okay?

Michelle: Wednesday . let me see . he's out of the office all morning. But he's free in the afternoon, after about three.

Peter      : Three o'clock is difficult. But I could make it after four.

Michelle: So shall we say 4.15 next Wednesday, in Mr Hibberd's office?

Peter      : Yes, that sounds fine. Thanks very much.
Michelle: Okay, then. Bye.

RESERVATION

Reserve atau to reserve  (verb) artinya memesan sebuah barang atau layanan jasa misalnya di hotel, restoran atau agen perjalanan. Dengan melakukan reservasi, pengaturan kita untuk layanan tersebut akan lebih pasti untuk waktu tertentu di waktu mendatang.

A reservation (noun; pemesanan) is an arrangement that you make with a restaurant, hotel, or travel agent so they hold a table, a room or a seat for use at a certain time in the future.

Practice the following dialogue with your friend.
Coba untuk latihan, praktekkan dialog berikut ini dengan temanmu. Lalu jawab pertanyaan di bawahnya.

Receptionist : Hello, This is Millenium Cafe. What may I assist you with?

Caller           : Hi, my name is Nicole. I’d like to reserve a table of four people, today at 5 p.m

Receptionist : Sorry, Ma’am. The reservations for today are full. You can reserve for tomorrow.

Caller           : Oh, I know, I’m reserving at a very short notice (mendadak) can you please try to arrage something. It’s  my husband’s birthday.

Receptionist : It’s impossible right now at this restaurant, but you can try Big Cafe at the South Street. They will have a place and they are equally good.

Caller           : Is that so? I think I’ll do that. Thank you for your suggestion.

Receptionist : You’re welcome, Ma’am

Questions :
  1. Who are the persons in the dialogue?
  2. Why did the caller ring the cafe?
  3.  Can the caller book the table? why? 
Ya, benar dialog diatas ditujukan untuk memesan layanan di sebuah cafe bernama Millenium Cafe.
Wanita tersebut memesan sebuah meja untuk empat orang pada jam lima sore. Dia ingin mengadakan acara perayaan ulang tahun suaminya. Hanya saja karena memesan dengan pemberitahuan mendadak (short notice), dia tidak mendapat layanan yang diinginkan karena cafe tersebut sudah penuh terpesan pada hari dan jam itu.

Sekarang perhatikan lagi sebuah contoh dialog berikut ini. Layanan apa yang ingin dipesan?

Receptionist: Hits Hotel. Jason's speaking.                              What may I assist you with?
Guest            : Hello, I’m Jack Nickolson.          Have you got rooms for a family of four for tomorrow night?
Receptionist: We have two twin rooms.       
                         Is that all right?
Guest : Yes, that’s fine. How much is bed with breakfast, please?
Receptionist: Eight hundred fifty thousand rupiahs per room, per night per room.
Guest : Good, I’ll take that room.
Receptionist: Would you repeat your name, please?
Guest            : Jack Nickolson.
Receptionist: Pardon?  Could you spell that , please?
Guest : J – A – C – K – N – I – C – K – O – L – S – O – N 
Receptionist: Thank you for your choice to stay in The Hits Hotel.
Guest : You’re welcome.

Bagaimana sudah tahu jawabannya? Ya, benar, penelpon yang bernama Jack Nickolson berniat memesan layanan kamar di Hits Hotel untuk keluarganya yang berjumlah empat orang untuk besok malam. 
Ulangi lagi beberapa frase berikut yang dapat Sahabat gunakan untuk melakukan reservasi.
Medical Clinic, Janette's speaking. Good morning. 
= Medical Clinic, Bersama Jannete ini yang sedang berbicara. Selamat pagi.

What may I assist you with? / How may I help you? 
= apa yang dapat saya lakukan untuk membantu anda?

I'd like to book a ticket 
= saya ingin memesan sebuah tiket.

Can I book a seat on tomorrow's flight? 
= Bisakan saya memesan sebuah kursi untuk penerbangan esok hari?

Hold on  a moment, please / Hang on, please 
= Tolong tunggu sebentar, jangan menutup teleponnya.

Would you spell your name, please? 
= Bisakah tolong anda eja nama anda?

Sorry? / Pardon? 
= maaf ? ( diucapkan jika anda merasa kurang jelas dengan apa yang diucapkan oleh lawan bicara.

Would you repeat that , please? 
= Bisakah tolong anda mengulangi perkataan anda tadi.

Thank you, Mr. John. See you tomorrow at half past five 
= Terimakasih, Pak John. Sampai jumpa lagi besok jam setengah enam.

Thank you for calling. Good bye for now 
= terimakasih sudah menelpon. Selamat tinggal.
Sahabat juga dapat belajar materi di atas melalui video berikut ini:



Setelah mengamati pemaparan dan video di atas, Sahabat dapat mengetes pemahaman sahabat dengan mengerjakan quiz berikut :
 Untuk berlatih berbicara, cobalah membuat dialog berpasangan bersama rekan anda dengan berbagai situasi yang berbeda. Pilihlah salah satu dari masalah berupa situasi berikut ini:
  • Anda adalah resepsionis di sebuah kantor universitas. Teman anda menjadi seorang penelpon. Teman anda sedang kebingungan mengenai beasiswa yang diterimanya. Teman anda kemudian ingin mengatur janji temu dengan dekan untuk membahas hal itu. 
  • Anda sedang berada di New York untuk sebuah perjalanan bisnis. Teman anda sebagai resepsionis klinik tersebut. Tiba-tiba gigi anda sakit. Anda kemudian menelpon klinik dokter gigi. 
  • Anda adalah seorang tim kreatif biro iklan. Anda mendapat customer dari sebuah perusahaan bidang fashion dari luar negeri. Anda menelpon kantor perusahaan tersebut untuk mengatur janji temu dengan Marketing Manager untuk membahas strategi pemasaran terbaru. Teman anda sekretaris yang menerima telepon anda.

Gunakan beberapa frasa yang telah anda pelajari sesuai kebutuhan. Jika masih merasa kesulitan untuk langsung berdialog, anda dapat menuliskan dialognya dulu. Setelah itu cobalah bermain peran.

Untuk mengecek pengucapan, rekamlah dialog yang anda lakukan bersama teman anda tersebut. Cukup rekam melalui handphone dalam bentuk Mp3. Minta guru atau teman untuk memberi masukan.

Sahabat Rumah Belajar,  semoga penjelasan diatas dapat membantu untuk memahami cara membuat janji melalui telepon dalam Bahasa Inggris. Jangan lupa untuk mengulang ulang di rumah ya.

Don’t forget to practice it. Practice will help you to memorize those expressions well. See you!

(materi ini sesuai dengan sesuai pelajaran Bahasa Inggris Peminatan atau Lintas Minat kelas XI - KD 3.6 / 4.6)

Untuk materi -materi Pelajaran Bahasa Inggris lainnya silakan bisa diklik disini, semoga ada sedikit manfaat:







You Might Also Like

33 comments

  1. Jadi kangen belajar lagi nih. Dulu waktu jadi supervisor kesehatan begitu pake bahasa Inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah siip misjuli, pasti bahasa inggrisnya makin oke

      Hapus
  2. Wahhh berguna sekali, mbak :)
    Aku jadi mau belajar Bahasa Inggris lagi :)

    BalasHapus
  3. Whaa bener banget belajar bahasa inggris harus ada praktiknya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul betul betuul.. Practice makes perfect💯✨

      Hapus
  4. Wah ilmu syeger nih...aq pngen blajar bhs Inggris mba yg aplikatif kdg nemuin turis saat jd guide tuh pnting bnged. Thx ya ilmunya...kerennn...

    BalasHapus
  5. Asyik, mampir ke sini, bisa nambah banyak ilmu.
    Harus sering dipraktekkan ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyesss.. That's right. Practice makes perfect

      Hapus
  6. Wow it's great, mba Dewi. Gak cuma belajad gramatikal tapi langsung ke aplikasi percakacapannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups.. Biar ga bosen belajar grammar terus. Let's practice it together

      Hapus
  7. Wah mba kebetulan sekali saya juga lagi belajar bahasa inggris. Baca ini jadi belajar kosa kata baru. Makasih ya

    BalasHapus
  8. Ya ampun Kak, it's such a good topic for learning.
    Aku mah apa, asal ceplos-ceplos, tapi jadi nambah ilmu ini.

    Makasih ya Kak.
    Semangat terus berbagi ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiih inid.. I'm so flattered. Justru asal ceplas ceplos itu cara paling oke untuk belajar speaking english secara aktif. Yuk belajar bareng ☺

      Hapus
  9. Bahasa ingrisku hanya sampai di ok ok daong. untuk kelanjutannya bingung deh. Maklum kalau bahasa ingris saya sedikit gagap.

    BalasHapus
  10. Duh nyerah deh soal English. Gak ada peningkatan meski dah kursus kemana2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Never Give Up doong :) Ayo semangat lagi belajar Bahasa Inggrisnya.

      Hapus
  11. Hey Miss...
    I make an appointment with you that I'll always come back to your blog.

    Kak, bener nggak? Hehehe...

    Semangat ya Kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwwow.. I'm really glad about that. That's a nice try indiiid 😘
      Keep practicing at home

      Hapus
  12. Sejak lulus kuliah, belajar bahasa inggris ku juga ikutan tamat, wkwkwk. Karena mau praktek juga sama siapa, serasa tak punya lawan untuk praktek bhs inggris nya.

    Wkwkwk padahal harusnya gak boleh gitu ya.
    Ilmu mah harus tetap diasah biar makin pinter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa dek arlina. Iseng aja dipraktekin sendiri hehe

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. aduh aku pengen bisa bahasa inggris aktif yg lancar mbak.. klo pasif agak lumayan sih apalagi klo baca. keseringan ntn film atau drama ake english sub kayaknya. tapi untuk berucap aktif tuh lidah sering mbleset2. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo semangat. Latih juga active englishnya. 😊 Keep practicing!

      Hapus
  15. Hallo Miss Dewi saya pakai cara ini saat pelajaran Bahasa Indonesia materi negosiasi. Kita bisa mengukur sejauh mana kemampuan berbahasa anak dalam menggunakan ragam lisan.

    Oh ya Miss tulisan ini untuk anak murid miss di rumah belajar atau di sekolah reguler?

    BalasHapus