Membuat Proposal P5 Tema Kewirausahaan

04.51

Dalam Kurikulum Merdeka, salah satu kegiatan yang paling tampak paling hits adalah P5-  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Salah satu tema menarik yang paling digemari oleh siswa adalah Kewirausahaan. 


Dalam tahapan P5 tema kewirausahaan, siswa akan didampingi untuk mencoba sebuah usaha, semacam Start Up bussiness, mulai dari teorinya, proses pencarian ide, membuat proposal, uji coba proposal lalu memasarkannya melalui kegiatan panen hasil belajar.

Nah, kali ini Sahabat Belajar, akan belajar untuk menyusun sebuah proposal P5 Tema Kewirausahaan. Sebagai contoh disini adalah wirausaha berbisnis kuliner.
Dalam membuat proposal, Sahabat bisa memulai dengan membuat mind mapping dahulu, lalu membuat draftnya, bisa secara acak saja dahulu. Diskusikan dengan teman satu kelompok, baru pada akhirnya dituliskan melalui kata-kata dan terakhir editing. 

Bagian Awal Proposal

Pada bagian awal ini terdiri dari Halaman Cover, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, atau bisa juga dilengkapi dengan daftar gambar dan tabel sesudahnya. 
Untuk Halaman Cover dan Lembar Pengesahan sifatnya bebas gayanya, yang penting disusun sesuai tema, menarik tetapi tetap rapi dan resmi seperti layaknya sebuah proposal. 

BAB 1 PENDAHULUAN

Pada bagian ini, kita bisa menuliskan tentang : Latar Belakang, Visi dan Misi Usaha, Jenis dan Tujuan Usaha. Berikut contoh redaksi kalimatnya :

A. Latar Belakang Usaha

Bisnis makanan dan minuman menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh pelaku bisnis. Ini karena selain dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi, makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat di manapun dan kapanpun. Makanan sehat menjadi produk yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Produk kami ini selain menjadi makanan yang menarik di kalangan masyarakat, juga mementingkan kandungan gizi didalamnya. Sebagai contoh, pada isian Gimbap kami menggunakan isian sayur agar ada kandungan vitamin di dalam produknya. Untuk produk Squash, kami menggunakan sirup buatan sendiri tanpa bahan pemanis buatan, dilengkapi biji selasih dan bunga telang sebagai pewarna alami.

Produk makanan dan minuman sangat digemari oleh kalangan masyarakat. Selain itu, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi. Saat ini banyak kalangan milenial yang menyukai makanan luar, salah satunya makanan Korea yang saat ini sedang populer. Karena hal itu kami yakin bahwa nantinya produk kami akan banyak digemari oleh kalangan milenial.
Jika nantinya usaha yang kami miliki sudah berjalan dan berkembang dengan baik, tentunya kami akan menjaga kekonsistenan produk yang kami miliki. Selain menjaga kekonsistenan produk, kami juga akan meningkatkan produk dengan berinovasi sebaik mungkin agar bisa menambah pemasaran produk dikalangan masyarakat. Tidak hanya itu, kami juga akan semakin mempromosikan produk agar semakin banyak kalangan masyarakat yang mengenal produk yang kami miliki. 

Pada proposal ini, kami membuat dan memasarkan produk makanan dan minuman yaitu Gimbap dan Squash soda. Kami memilih produk ini karena makanan dan minuman itu banyak digemari kalangan milenial pada saat ini. Pada produk Gimbap, selain mengutamakan kelezatan makanan, kami juga tidak lupa untuk mengutamakan kandungan gizi dalam produk makanan kami. Contohnya saja gimbap ini nantinya akan menggunakan isian sayur agar tetap memiliki kandungan gizi yang baik, selain menggunakan sayur kami juga menggunakan telur dan sosis yang tentunya memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh. 

Tidak hanya pada produk makanan, pada produk minuman kami, kami juga menjaga nilai gizi pada produk minuman, nantinya kami akan menambahkan buah , selasih dan nata de coco agar tetap ada kandungan vitamin didalamnya. Squash kami ini menggunakan sirup buatan sendiri tanpa bahan pemanis buatan dengan bunga telang sebagai pewarna alaminya.

Kami mempelajari bahwa nantinya saat menjual produk ini pasti akan ada persaingan usaha yang sejenis. Untuk mengatasi persaingan bisnis yang sama dipasaran kami akan meningkatkan invasi pada produk kami agar lebih unggul dari produk lainnya. Selain berinovasi kami juga akan meningkatkan kualitas produk agar banyak pelanggan yang meminati produk kami karena kualitasnya yang unggul dari usaha lain yang sejenis. 

Untuk meyakinkan konsumen bahwa produk kami lebih unggul dari kompetitor adalah dengan cara kami menjelaskan apa saja keunggulan produk yang kami miliki. Kami juga akan mejelaskan inovasi apa saja yang akan kami gunakan untuk mengembangkan produk yang kami punya. Kami akan menjelaskannya baik secara luring maupun secara daring melalui media sosial.

B. Visi dan Misi Usaha

Visi :
Mewujudkan makanan Gimbap produk kelompok kami sebagai makanan yang enak dan sehat.
Menjadikan Squah Soda produk kelompok kami sebagai minuman yang populer dan menyehatkan dikalangan anak muda.
Misi :
Mengutamakan kualitas dalam pelayanan. 
Tetap berusaha menyesuaikan diri dengan lidah konsumen lokal. 
Aktif melakukan promosi atau pendekatan kepada target pasar.

C. Jenis dan Tujuan  

Jenis produk kami :

Jenis produk yang kami buat adalah produk pangan. Karena disini kami memasarkan Gimbap dan Squash soda. Jenis produk pangan yang kami buat adalah bersifat side-dish atau makanan cemilan yang cocok dinikmati sambil bercengkrama mengobrol bersama teman. Produk pangan kami bersifat makanan kekinian terinspirasi makanan Korea yang rasanya kami sesuaikan dengan rasa lidah lokal.
Tujuan kami yaitu:
untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis
untuk pengadaan produk makanan yang dibutuhkan masyarakat,
untuk memasarkan produk makanan yang sehat pada masyarakat.

BAB II ANALISIS USAHA

Bab ini mengajak siswa untuk berfikir kritis mengenai prospek usaha kuliner yang akan dikembangkan. Contoh isinya bisa seperti ini:

A. Peluang Usaha

Bisnis makanan di pasaran banyak diminati masyarakat karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat primer. Kami belajar dari berbagai sumber bahwa bisnis makanan dapat dikatakan tidak memiliki kemungkinan akan mati di pasaran. Produk makanan dan minuman sangat digemari oleh kalangan masyarakat. Saat ini banyak kalangan milenial yang menyukai makanan luar, salah satunya makanan korea yang saat ini sedang populer. Mungkin karena hal itu kami yakin bahwa nantinya produk kami akan banyak digemari oleh kalangan milenial. Gimbap ini banyak digemari tidak hanya karena popular tetapi juga merupakan makanan yang sehat dengan adanya isian sayur didalamnya. Untuk menemani makan Gimbap, kami juga menawarkan minuman Squash soda yang menyegarkan, dan cocok di nikmati dengan Gimbap.

B. Tantangan Usaha

Pada bisnis ini, ada kemungkinan jika ada orang yang tidak suka produk yang kita buat karena selera masyarakat berbeda beda. Tantangan lain adalah keuntungan yang kita dapat pada produk makanan tidak terlalu banyak sehingga jika tidak terlalu laku dipasaran maka kita tidak mendapat laba yang besar. Selain itu jika kita kurang inovatif dalam pemasaran maka akan sedikit peminat produk kita.

C. Potensi Usaha

Usaha ini kemungkinan akan mendapatkan laba karena selain kita memasarkan produk secara ofline kami juga memiliki rencana untuk memasarkan produk secara online di media sosial sehingga akan banyak peminatnya di masyarakat. 

BAB III ASPEK PRODUKSI

Pada bab ini, Sahabat Belajar bisa menuliskan apa dan bagaimana spesifikasi produk yang akan dikembangkan, bagaimana waktu dan tempat produksinya serta apa saja detail peralatan yang akan digunakan dalam proses produksi.

A. Variasi Produk

1) Gimbap 
Menyediakan varian gimbap pedas dan gimbap tidak pedas. Isiannya terdiri dari tumisan sayur bayam, wortel, telur, sosis dengan diberi nori rumput laut kering sebagai pembungkus gimbab.
2) Squash Soda Telang
Minuman dingin rasa squash lemon segar dengan campuran sari bunga telang, selasih, potongan buah dan nata de coco. 

B. Waktu dan Tempat Produksi

Waktu : 
Produksi dijalankan saat kegiatan panen raya P5 tema kewirausahaan sekitar tanggal 10 – 14 Oktober 2022.
Tempat :
Di area sekitar SMA Indonesia Hebat.

C. Peralatan Produksi

1) Peralatan produksi Gimbap
- Telenan
- Panci
- Teflon
- Spatula
- Pisau 
- Ceting
- Piring
- Baskom 
pngwing.com

2) Peralatan produksi Squash soda
- Gelas 
- Sendok
- Mangkok kecil
- Panci 
- Sendok sayur
D. Bahan Baku Produksi
1) Bahan produksi Gimbap
- Nasi hangat
- Minyak
- Garam
- Ladaku
- Wortel
- Bayam
- Telur
- Sosis
- Nori
- Mayo
- Bawang (untuk bumbu pedas)
- Cabai (untuk bumbu pedas)
- Kaldu jamur

2) Bahan produksi Squash soda
- Sirup
- Soda
- Es batu
- Jelly nata de coco
- Selasih 
- Bunga telang

E. Proses Produksi

1. Proses produksi Gimbap
1) Campurkan nasi dengan garam, diamkan hingga dingin beri kaldu jamur agar ada variasi rasa pada Gimbap
2) Potong wortel beri garam setelah itu tumis wortel
3) Rebus bayam, setelah direbus peras bayam hingga tidak ada air
4) Goreng telur setelah itu potong memanjang
5) Masak sosis dengan bumbu pedas untuk variasi Gimbap pedas
6) Ambil 1 lembar nori beri nasi dan isian setelah itu gulung
2. Proses produksi Squash soda
1) Siapkan sirup pada gelas
2) Beri irisan nata decoco dan selasih
3) Tambahkan soda lalu beri es batu

BAB IV STRATEGI USAHA

Deskripsikan bagaimana usaha yang akan kamu buat itu beradaptasi dengan kondisi pasar saat ini,bagaimana konsumen yang akan disasar, dan strategi apa yang diterapkan untuk memasarkan produk.

A. Kondisi Pasar

Pasaran Gimbap di Indonesia saat ini belum terlalu banyak, sehingga untuk memasarkan makanan ini tidak terlalu sulit karna bisa dikatakan kompetitor makanan ini belum terlalu banyak dipasaran. selain produk gimbap, kami juga memasarkan produk minuman Squash soda. Di pasaran Squash soda ini sudah banyak yang menjual, sehingga kita harus memikirkan bagaimana kita mengatasi kompetitor di produk ini.

B. Konsumen

Disini kami memusatkan pemasaran di kalangan anak muda, karena kami tidak terlalu yakin jika memasarkan produk ini kepada kalangan tua karena selera kalangan muda dengan kalangan tua berbeda sehingga kami tidak bisa asal memasarkan produk ke kalangan tua.

C. Strategi 

Karena kami memusatkan promosi kepada kalangan milenial maka nanti kami akan mempromosikan produk lewat media sosial sehingga akan banyak kalangan milenial yang mengetahui produk kami dan memiliki keinginan untuk mencoba prodk yang kami prmosikan. Selain itu nanti jika pemasaran produk kami mengalami peningkatan, kami akan mulai berinovasi kepada produk yang kami punya, misalnya menambah variasi pada isian Gimbap.

BAB V ASPEK KEUANGAN

A. Rencana Produksi

Untuk produksi pertama, kami berencana membuat 20 porsi Gimbab. Kami akan menjual gimbab dengan harga Rp. 8.000 per satu kemasan, dalam satu kemasan terdapat empat potong gimbab. 
Kami juga akan membuat squash sebanyak 60 porsi dengan harga Rp. 5.000 per porsi.
B. Rencana Anggaran
1) Rencana anggaran biaya produksi Gimbap (dalam 20 porsi):
2.  Rencana anggaran Squash soda (dalam 60 porsi)

C. Perkiraan Pemasukan

1) Perkiraan pemasukan Gimbap
Nanti kami akan menjual (20 porsi perkiraan) per kemasan dengan harga Rp.8.000,- maka nanti kami kira kira akan pendapatan sebesar Rp. 160.000. 
2) Perkiraan pemasukan Squash soda
Nanti kami akan menjual (60 porsi perkiraan) per kemasan dengan harga Rp.5000,- maka nanti kami kira kira akan mendapat pendapatan Rp.300.000,-

D. Perkiraan Laba/Rugi

Perhitangan keuntungannya adalah : Pendapatan – biaya produksi = laba
Gimbab (menjual 20 porsi):
Rp. 160.000 – 109.000 = Rp. 51. 000 
Squash (menjual 60 porsi)
Rp. 300.000 – Rp. 155.000 = Rp. 145.000
Total laba penjualan gimbab dan squash = Rp. 196.000

BAB VI KESIMPULAN

Ide kami untuk mengembangkan kuliner adalah kami ingin membuat produk yang saat ini sedang banyak digemari oleh kalangan milenial. Tetapi kami ingin selain populer tentunya juga lezat dan bergizi. untuk meningkatkan daya jual, kami memilih produk kuliner yang saat ini sedang banyak populer dikalangan milenial yang berupa Gimbap dan Squash soda.
 
Menurut kami produk kami ini selain mengutamakan kelezatan kami juga mengutamakan nilai gizi didalam produk agar pelanggan tetap bisa menjaga kesehatan makanan yang dikonsumsi. Kami akan memproduksi dan memasarkan sendiri produk Gimbap dan Squash kami ini. Rencana kami, tidak hanya mempromosikannya secara ofline, kami juga akan mempromosikannya secara online, agar semakin banyak orang tau akan produk yang kami pasarkan. 

Produk kuliner yang kami buat ini kami jual dengan harga yang bisa dibilang cocok untuk pada pelajar, kami menjual Gimbap dengan harga Rp.8000,- dan Squash soda dengan harga Rp.5000,- saja. Kami menjual dengan harga yang bisa dikatakan murah dengan harapan, agar saat memasarkan produk kami tidak banyak menerima komplain bahwa kami menjual dengan harga yang terlalu tinggi. Selain itu target pemasaran kita juga kalangan remaja yang biasanya membeli makanan dan minuman dengan uang saku yang tidak terlalu banyak. 

Untuk pemasarannya kami akan menggunakan media sosial contohnya whatsapp dan instagram yang saat ini banyak dikalangan milenial. Tidak hanya pemasaran online yang kita lakukan, kami juga melakukan pemasaran offline langsung kepada customer. 

Dari semua keuangan yang kami hitung kami memprediksi bahwa akan menerima keuntungan kira kira Rp.196. 000,- pada produk makanan dan minuman yang kami buat. Jadi kesimpulannya, kami optimis bahwa usaha yang kami jalankan ini mendapat keuntungan dan memiliki pasaran yang cukup digemari oleh kalangan masyarakat.

Bagaimana, mudah bukan menulis sebuah proposal usaha? Ayo terus kuatkan karakter mandiri dan kreatifmu melalui P5 Tema Kewirausahaan. Have Fun!

Silakan klik di sini:  Contoh Proposal P5  untuk contoh proposal P5 Kewirausahaan yang lain.
Salam Belajar.

You Might Also Like

0 comments