Contoh Proposal Usaha untuk P5 Tema Kewirausahaan

21.44

Assalamu'aikum Sahabat Belajar,

Salah satu hal yang baru pada kurikum merdeka pada SMA/MA/SMK adalah adanya kegiatan P5. Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Salah satu tema yang dapat dipilih adalah tema Kewirausahaan. Siswa didorong untuk menyusun sebuah proposal usaha kemudian berusaha mewujudkannya dalam serangkaian kegiatan. Berikut ini contoh sederhana dari penyusunan proposal kewirausahaan dalam bidang kuliner dengan produk bernama 'Mi Galaksi'. Baca juga contoh-contoh proposal lain agar Sahabat mendapat wawasan lebih luas.  

Read here 

Lembar Cover

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
MIE GALAKSI

 

PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
SMA NEGERI 13 KONOHA TP. 2022/2023

DISUSUN OLEH:

KELOMPOK GALAKSI MAHENDRA
ANGGOTA:
1.ANDO 
2.AJENG
3.DESTINY
4.JANET
5.MAMPUKU
6. NIKOLODEON

LEMBAR PENGESAHAN

Proposal kegiatan P5 Kewirausahaan SMAN 13 Konoha yang berjudul “ MIE GALAKSI” telah disahkan dan di setujui pada:
Hari      : Senin
Tanggal: 3 Oktober 2022


Disetujui oleh:


Koordinator                                      Fasilitator



Mister Charming S.Pd.                   Ms Dream 
NIP:123456789000231              NIP :

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Usaha
Mie pada umumnya terbuat dari tepung terigu, yaitu tepung yang terbuat dari gandum yang diperoleh secara impor. Mie merupakan salah satu masakan yang populer di Asia, salah satunya diindonesia.
Berdasarkan dari survei beberapa orang penikmat pedas kami mendapatkan hasil bahwa pedas lebih terasa sensasinya dengan cabai rawit merah kecil dari pada rasa lainnya. Rasa pedas yang digabungkan dengan mie sebenarnya telah banyak di pasaran. Jadi kami berinisiatif untuk membuat mie pedas dengan variasi pada toppingnya. Mie produk kami dilengkapi dengan topping  ayam pedas dan pangsit goreng plus irisan tomat dan selada.
Produk mie pedas ini kami beri nama MIE GALAKSI. Kami terinspirasi dari salah satu restoran yaitu GACOAN yang menjual dan menyediakan makanan yang bernama MIE ANGEL dan MIE IBLIS, dari situlah kami berpikir akan membuat produk olahan yang bernama MIE GALAKSI. Produk makanan kami juga sangat digemari oleh kalangan masyarakat terutama para remaja.

B. Visi dan Misi
Visi  : Membuat produk pengolahan dengan inovasi baru dan menjadi produk yang unggul.
Misi : mewujudkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dari pengolahan inovasi baru dan menarik.

C. Jenis dan Tujuan Usaha
Jenis usaha kami adalah jenis usaha kuliner. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup yaitu kebutuhan makan makan, dan kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain melalui tempat makan yang menarik. Kami juga bisa memperkenalkan atau mengembangkan usaha yang kita jalani dengan berkomunikasi.

BAB II  ANALISIS USAHA

A. Peluang Usaha
Membuat dan menjual produk olahan pangan berupa mie galaksi. Mie Galaksi menjadi makanan yang pas untuk dicoba, terutama untuk para penggila pedas. Penampilan mie yang menggoda dengan tambahan sambal yang membuat siapapun dapat tertarik. Rasanya enak dengan sensasi pedas dimulut mampu menambah nafsu makan. Pembuatan Mie Galaksi ini sangat mudah sama halnya dengan membuat mie pada umumnya, hanya penambahan sambal yang cukup banyak. Dan diberi tambahan topping yaitu ayam pedas dan pangsit goreng.

B. Tantangan Usaha
Pada bisnis umumnya dari bisnis awal memang kemungkinan pasti ada yang tidak suka karena dengan versi rasa berbeda beda. Dan juga pastinya produk pangan kami sangat di gemari di kalangan masa sekarang sebab itu kami akan meningkatkan rasa produk mie ini seperti rasa yang memuaskan. Tantangan lain adalah pada persaingan usaha. Produk mie sejenis ini sudah ada di pasaran sehingga tantangannya adalah bagaimana membuat agar produk mie galaksi kami lebih menonjol diantara produk sejenis.

C. Potensi Usaha
Usaha ini mungkin akan menjualkan secara ofline ataupun online agar akan mendapatkan banyak peminat di kalangan masyarakat dan mendapatkan pengalaman berwirausaha. Kami berpendapat bahwa potensi usaha untuk produk mie Galaksi ini masih terbuka lebar asal kita terus mau berinovasi dan kreatif dalam pemasarannya. Kami pikir potensi untuk mendapat keuntungan dari memproduksi dan menjual mie galaksi pedas ini bisa cukup besar. 

BAB III ASPEK PRODUKSI

A. Variasi Produk
Untuk variasi produk, di atas mie galaksi akan kami beri pelengkap sebagai toping yaitu ayam suwir pedas, pangsit goreng dan ada juga irisan tomat dan selada di pinggir rice box. Kami juga membolehkan pelanggan memilih mengurangi atau menambah topping sesuai selera.

B. Waktu Dan Tempat Produksi
Saat di sekolahan setelah senam pagi di lapangan upacara, jika hujan di kelas masing masing.

C. Peralatan Produksi: 
Alat dan Bahan:  
Bahan membuat mie galaksi
1. Mie instan 
2. Bawang putih
3. Cabai rawit merah
4. Minyak goreng
5. Kecap
6. Saos sambal
7. Garam
8. Selada
9. Bawang goreng

Bahan membuat ayam suwir pedas
1. Cabai merah besar
2. Cabai merah keriting
3. Bawang merah
4. Bawang putih
5. Daging ayam
6. Garam
7. Daun salam
8. Lengkuas
9. Serai
10. Gula pasir
Peralatan yang dipakai untuk produksi :
1. Wajan
2. Panci
3. Kompor
4. Pisau
5. Cobek
6. Spatula
7. Erok-erok
8. Rice box paper
9. Baskom
10. Sendok
11. Garpu
12. Sarung tangan plastik
D. Bahan Baku Produksi
1. Daging ayam
2. Mie telor
3.     Bumbu-Bumbu
E. Proses Produksi 
Cara Pembuatan Mie Galaksi

1. Haluskan bawang putih dan cabai rawit merah (Sambal)
2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan 
3. Rebus Mie hingga matang, angkat dan tiriskan
4. Siapkan wadah, masukkan sambal, kecap, saus sambal, aduk rata
5. Mie yang sudah direbus, masukkan dalam mangkok, aduk rata hingga sambal merata
6. Susun mie dalam rice box, taburi dengan bawang goreng dan beri toping
Cara pembuatan ayam suwir pedas
1. Cuci ayam hingga bersih, lalu di rebus dengan sedikit garam setelah itu tutup hingga matang
2. Jika sudah matang, angkat lalu dinginkan dan suwir-suwir kasar daging ayam dan sisihkan
3. Lanjut tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai sampai benar-benar harum. Masukan cabai merah dan aduk rata
4. Masukan daging ayam suwir ke dalam bumbu. Tambah kaldu bubuk dan merica. Aduk sampai rata.
5. Tuangkan air dan masak sampai daging ayam meresap sempurna.

BAB IV STRATEGI USAHA

A. Kondisi pasar
1. Segmentasi
Segmen dari usaha kami adalah semua kalangan masyarakat terutama para remaja hingga orang dewasa. Dari mengamati pasar, kami melihat segmen remaja dan dewasa ini menggemari produk mie pedas dengan brand yang paling populer saat ini adalah Mie Gacoan. Konsep mie galaksi kami memiliki persamaan dengan mie gacoan tersebut sehingga kami yakin bisa bersaing pada segmen pasar tersebut.
2. Targeting
Target pemasaran kami adalah para penikmat pedas dan semua kalangan masyarakat. Kami targetkan pasar pembeli terbesar adalah dari kelompok masyarakat usia remaja hingga dewasa.
3. Positioning
Kami ingin menciptakan cita rasa di benak pembeli sebagai Mie Galaksi yang enak dan bercita rasa khas pedas gurih dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan.

B. Konsumen
Dari remaja hingga orang dewasa. Mereka bisa menikmati sensasi rasa pedas yang kami tawarkan baik dari pedas mienya maupun pedas ayam suwir toppingnya. Konsumen kami akan dapat menikmati menu kami sembari berinteraksi dengan kawan mereka.

C. Strategi pemasaran
Kita akan membuat variasi mie galaksi yaitu dengan menambahkan toping berupa ayam suwir pedas, pangsit goreng dan selada juga bawang goreng. Dan kami akan mempromosikan produk baik secara offline maupun secara online lewat media sosial sehingga akan lebih dikenal di masyarakat.

BAB V  ASPEK KEUANGAN

A. Rencana Produksi
Untuk awalan pengenalan produk di masyarakat, kami akan membuat produk sebanyak kurang lebih 15 porsi.

B. Rencana Anggaran
Rencana anggaran belanja untuk membuat 15 porsi mie Galaksi adalah sebagai berikut:
1. Eko mie isi 10 : Rp 12.000
2. Cabai : Rp 15.000
3. Bawang putih : Rp 5.000
4. Bawang merah : Rp 5.000
5. Minyak goreng : sekitar Rp 14.000
6. Ayam ½ kg : Rp 20.000
7. Kecap: Rp 3.000
8. Saos sambal :  Rp 10.000
9. Selada : Rp 5.000
10. Pansit goreng : Rp 10.000
11. Rice box paper : Rp 10.000
Total Biaya Produksi : Rp.90.000

C. Perkiraan Pemasukan 
Mi galaksi ini akan kami jual seharga Rp. 10.000per porsi sehingga perkiraan pemasukan dari penjualan mie galaksi totalnya adalah sekitar Rp 150.000

D. Perkiraan Laba/Rugi
Kemungkinan perkiraan laba untuk penjualan 15 porsi adalah:
Pendapat penjualan – biaya produksi
Rp. 150.000 – Rp. 90. 000 = Rp. 60.000
Kami perkirakan akan mendapat laba sekitar Rp. 60.000.

BAB VI KESIMPULAN

Pada rancangan proposal P5 tema kewirausahaan ini kami mengajukan sebuah proposal usaha di bidang kuliner. Merek produk kita adalah MIE GALAKSI. Untuk harga jual MIE GALAKSI adalah Rp.10.000 per porsi. Dari modal usaha yang telah kami hitung, kami memperkirakan akan mendapat laba jika terjual dengan baik.
Dari hasil pembahasan tersebut di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa usaha Mi Galaksi ini dari segi ide, target pasar, hingga rencana keuangan berupa modal dan lain-lain, memiliki prospek yang menjanjikan kedepannya.
Tantangan terbesar dalam pemasaran dan promosi produk berupa cukup banyaknya pesaing dengan produk serupa. Maka dari itu, target pasar usaha ini harus tepat sasaran dan meyakinkan. Kami juga akan terus mengupayan inovasi pada rasa, topping, kemasan dan media pemasarannya sehingga produk kami dapat terus berkembang dan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Demikian contoh proposal kegiatan wirausaha bagi siswa. Proposal ini mungkin masih terlalu sederhana, anda dapat mengembangkannya menjadi proposal yang lebih baik lagi tentunya. Proposal ini hanya pendukung saja, karena yang terpenting adalah mengamati bagaimana proses para siswa melakukan kegiatan ini. Diharapkan proses kegiatan seperti ini akan dapat menanamkan karakter baik pada diri siswa, seperti karakter kreatif, mandiri, dan bekerjasama.

Berikut contoh proposal P5 lain yang dapat Sahabat amati : PROPOSAL P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN KULINER GIMBAB DAN SQUASH BUNGA TELANG

Salam Belajar.





You Might Also Like

0 comments