Ringkasan Training Blogging Basic with Rahayu Asda

00.43

Ringkasan Training Blogging Basic


Liburan ini saya ikutan Pelatihan Blogging, nih. Awalnya ikutan ini iseng saja berkat jawilan dari mbak Ika. Bisa nambah ilmu baru kan. Apa saja to yang dipelajari kalau ikut kelas semacam ini?
Ini saya tayangkan ringkasannya ya..

Kegiatan ini diadakan oleh Joeragan Artikel, dengan mentor Mbak blogger Rahayu Asda yang hobinya memang otak atik jeroan blog semacam itu.  Judul kegiatannya adalah : TRAINING BLOGGER FOR BASIC BEGINNER.  Saya ringkas Blogging Basic gitu aja ya.
Blogging Basic diadakan mulai tanggal 14 Desember 2018 dengan pendampingan selama 7 hari di grup Facebook. Tapi untuk lebih mudah dalam memandu emak emak gaptek macam saya, dibuatlah kelompok-kelompok kecil dan tambah dipandu satu PJ di WAG. Kelompok saya dipandu oleh mbak PJ Saras yang supeeer sabar dan baik hati. Kebetulan saya satu grup dengan senior Gen JW seperti Bunda Is dan Bu dokter gigi cantik Rahayu.  Membuat makin semangaaaat.

Phase 1. Pengenalan Blog dan Membuat Blog.
Di Phase ini kita diajak mengenal apa itu blog dan bagaimana membuat sebuah personal blog dengan platform blogspot. Bagi yang sudah mempunyai blog seperti saya bisa menggunakan blog yang lama. Saya memang pernah membuat blog dulu, tapi alakadarnya saja dan hampir terbengkalai. Kalau anda samasekali belum punya blog, jangan khawatir, Mbak Blogger Rahayu Asda dan PJ di masing masing grup siap membantu dengan telepati jarak jauh. Hehe

Setelah blog jadi, tugas nya adalah sebagai berikut:
  •           Membuat artikel ‘Tentang Saya’
  •           Membuat artikel ‘Term of Service’
  •           Membuat artikel tentang isu terkini.

Waduuh banyak banget yaa, jangan berkerut dahi dulu. Mentor dan PJ cantik siap memberi contoh dan memandu setiap kita ada kesulitan. Oya, pesan Mbak Rahayu Asda, untuk postingan ‘tentang saya’ sebaiknya memakai foto yang tidak terlalu tampak muka, terutama bagi muslimah. Trus, untuk artikel yang memakai foto atau gambar, jangan asal ambil dari Google. Ngeri kalau ada masalah dengan hak cipta. Tenaang, kita nanti dikasih kok link-link yang bisa kita ambil gambar-gambarnya secara free dan bebas.

Phase 2.  Membuat Header Blog

Kali ini belajar membuat header blog dengan aplikasi Canva. Ini gunanya agar tampilan atas blog kita nantinya lebih cantik. Tidak sekedar memakai header bawaan. Header blog memuat identitas nama blog kita dan slogannya atau secara garis besar blog isinya apa.
Tugas selanjutnya adalah membuat artikel ‘ Mengapa Saya Menulis di Blog’. Idealnya dilengkapi dengan ilustrasi gambar juga. Sekaligus mengenalkan dan belajar membuat ‘label’ pada tiap artikel. Ibarat blog itu kotak penyimpanan besar, maka label – label itu akan menjadi laci-laci kecil didalamnya yang membuat artikel-artikel kita nantinya jadi lebih rapi. Tidak campur bawur ndak genah gitu.

Phase 3. Memperbaiki Tampilan Blog
Sebelumnya, peserta pelatihan ditugaskan membuat sebuah artikel lagi dengan tema Kota Impian. Artikel wajib pakai gambar dengan hak cipta yang aman dan di beri label.
Berikut tahapan yang kami lakukan untuk memperbaiki tampilan blog:
  •          Mengganti template blog dengan free template yang sudah dicarikan pilihannya oleh Mbak Rahayu. Pilihannya semua cantik menawan, tidak hanya biasa seperti template bawaan.
  •           Membuat profil ‘about me’ di side bar.
  •          Memasang header blog yang sudah kita buat di tugas sebelumnya.Mengatur menu navigasi
  •           Memasang Widget sosmed di side bar. Yang nantinya tampilannya akan menjadi kolom ‘Follow Us’. Mempermudah pengunjung blog kita untuk menghubungi sosial media kita, misalnya kalau saya ada Facebook, G+, dan Youtube.
  •           Mengatur menu navigasi


Tahapan inilah yang paling menguras waktu. Pengerjaannya melibatkan kode – kode dengan kosakata bahasa mesin, misalnya url: <div dir=”ltr” style=”text-align; https:// htpml bla bla bla ... . hehee.. aneh dan rumit? Memang iya.

Tapi dengan sabar dan telaten Mbak Mentor dan Mbak PJ siap membantu. Siang dan Malam. Daaan tadaa.. jadilah blog saya dengan tampilan yang membuat saya sendiri jadi pangling. Alhamdulillah, semua sesi pelatihan Blogging Basic sudah selesai. Kalau anda tertarik mau mengikutinya, silahkan kontak kontakan dengan Joeragan Artikel atau Mbak Rahayu Asda di Blognya atau di FB. Hmmm...kok jadi penasaran yaa.. apa nantinya ada pelatihan blogging lanjutan untuk ini. Ngutak atik Blog itu ternyata nagiiiih!

You Might Also Like

1 comments

  1. Saya selalu kagum dengan semangat belajar teman-teman, selalu haus akan pelajaran.
    Sayang saya masih kesulitan mengatur waktu buat belajar pada ahlinya, alhasil saya belajar otodidak karena biasanya pas tengah malam hahaha

    BalasHapus