LET’S LEARN ENGLISH THROUGH SONGS – Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu

07.19

Hi, Sahabat Belajar. How are you today? Feel bored? I see, sometimes I feel that way too. Let's cheer up with a song.

Sahabat Belajar semoga kabarnya baik-baik saja yaa. Mungkin beberapa mulai jenuh karena sudah beberapa pekan harus belajar di rumah akibat meluasnya wabah Corona.

Ayo kali ini kita belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan. Melalui lagu! Let’s sing together!

Memangnya apa saja sih manfaat belajar bahasa Inggris melalui lagu? Ada banyak, lho. Coba Sahabat amati beberapa keuntungannya di bawah ini.

  1. LEARN THE VOCABULARY IN EASY WAY;  Saat mendengarkan lagu berbahasa Inggris sahabat akan mendengarkan banyak kosakata yang biasanya bersifat bahasa sehari-hari para native speaker (penutur asli).  Pilih lagu yang maknanya bagus. Daan rajin cari artinya di kamus ya.
  2. KNOW HOW TO PRONOUNCE IT ;  Menyimak musik berbahasa Inggris akan membantu sahabat untuk lebih familiar dengan bunyi-bunyi kosakata dalam Bahasa Inggris. Pilihlah penyanyi native speaker sehingga bunyi pengucapannya lebih sesuai. Cobalah ikuti cara penyanyi membunyikannya lagu itu, semirip mungkin. Di situlah sahabat belajar mendengarkan sekaligus mengucapkan banyak kata dalam Bahasa Inggris dengan tepat.
  3. SONGS HELP YOU TO MEMORIZE THE ENGLISH WORDS AND STRUCTURE;  Saat lagu berbahasa Inggris itu didengarkan dan dibunyikan beberapa kali, dengan sendirinya kata atau bentuk kalimat berbahasa Inggris akan lebih melekat di otak. Lagu mempunyai karakteristik menarik yang dengan sendirinya mudah diikuti iramanya.
  4. FIND THE MESSAGE OF THE SONG HELPS YOU TO BE WISER;  Carilah pesan moral dalam lagu. Apakah itu sesuatu yang menginspirasi, memberi semangat untuk belajar, mengajak berbagi atau peduli sesama. Jadi pandai pandailah memilih dan memilih lagu yang sesuai dengan usia sahabat. Lagu yang berisi kekerasan dan banyak kata mengumpat, sebaiknya dihindari, hentikan mendengarkan ulang. Be smart to choose the best song for you.

LET’S GET SOME PRACTICE
Nah, setelah mengetahui manfaat belajar bahasa Inggris melalui lagu, yuk sekarang kita coba dengarkan sebuah lagu berjudul Heal the World by Michael Jackson.

Lagu ini kembali dirilis di YouTube belum lama ini. saat dunia sedang berduka dan berjuang melawan pandemi Virus Corona Covid-19. Video klipnya pun dibuat dengan cuplikan cuplikan kejadian wabah corona di beberapa negara.

Lagu ini sebenarnya lagu lama yang dirilis oleh penyanyi yang benama lengkap Michael Joseph Jackson. Penyanyi terkenal ini lahir di Indiana, Amerika Serikat pada 29 Agustus 1958. Michael Jackson telah meninggal 25 Juni 2009 yang lalu pada usia 50 tahun di Los Angeles, Amerika Serikat.

Lagu Heal the World, yang kalau diartikan secara harafiah berarti ‘Menyembuhkan Dunia’. Lagu ini pada awalnya dulu dirilis  pada tahun 1991 dan masuk dalam album Dangerous yang  menjadi salah satu album musik laris di dunia. (Sumber Wikipedia)

PRE LISTENING ACTIVITY

Sebelum mendengarkan lagunya, sahabat coba artikan frasa-frasa berikut ke bahasa Indonesia. Siapkan kertas dan bulpenmu, ayo tuliskan artinya.

Frasa – frasa ini akan muncul di lagu yang akan sabahat dengarkan. Ayoo semangaat.
Soal pre listening activity:
Transalate into Bhs.Indonesia
  1. Make a better place : .... 
  2. The entire human race :  .....
  3. Brighter than tomorrow :  ......
  4. There’s no hurt  or sorrow: .....
  5. There are people dying:  ......
  6. Care enough for the living:  .....
  7. Love’s enough for us growing :  .....
  8. Create a world with no fear :  ....
  9. Together we’ll cry a happy tears :  ....
  10. There's love that cannot lie : ....
Bagaimana sudahkah sahabat mengetahui artinya? Kalau masih bingung, Sahabat dapat memilih arti katanya di gambar berikut:

LISTENING ACTIVITY

Sekarang, cobalah sahabat dengarkan lagunya di video klip berikut. Ikutilah lagunya sesuai pengucapan penyanyinya.

Sambil mendengarkan, cobalah kalian urutkan potongan – potongan acak lagu berikut menjadi urutan lirik lagu utuh yang tepat.  Tulis urutan versi mu di selembar kertas.
 A.
there are ways to get there
if you care enough for the living
make a little space
make a better place
B.
There’s a place in your heart
And I know that it is love
And this place couldbe much
brighter than tomorrow
and if you really try
you’ll find there’s no need to cry
in this place you’ll feel
there’s no hurt or sorrow



C.
heal the world   (#chorus)
make it a better place
for you and for me
and the entire human race
there are people dying
if you care enough for the living
make a better place for you and for me
D.
then it feels that always
love’s enough for us growing
make a better world
make a better world
heal the world  #chorus  -  for you and for me
E.
if you want to know why
there’s love that cannot lie
love is strong
it only cares of joyful giving
if we try we shall see
in this bliss we cannot feel
fear or dread
we stop existing and start living
F.
We could fly so high
Let our spirits never die
In my heart I feel you are all my brothers
Create a world with no fear
Together we’ll cry happy tears
See the nations turn their sword into plowshares
G.
We could really get there
If you care enough for the living
Make a little space
To make a better place
#chorus
H.
And the dream we were concieved in
Will reaveal a joyful face
And the world we once believed in
Will shine again in grace
Then why do we keep strangling life
Wound this earth, crucify its soul
Though it’s plain to see
This world is heavenly
Be God’s glow

Bagaimana? Apakah sahabat sudah bisa menebak urutan lirik lagunya dengan tepat?
Sebagai petunjuk, mari kita amati isi lagu tersebut mulai dari bait awal sampai akhir.\

Pada awal bait, si penyanyi meyakinkan pada kita bahwa tiap diri kita sebagai manusia itu pada dasarnya baik dengan hati penuh cinta pada sesama. Dan dunia kan menjadi lebih cerah dibanding hari esok (and this place could be much brighter than tomorrow).

Kalau setiap kita mencoba untuk lebih mengutamakan cinta kasih pada sesama, maka nantinya tidak perlu menangis. Tidak akan ada lagi rasa sakit dan kesedihan  (there’s no hurt or sorrow).

Penyanyi terus meyakinkan bahwa akan ada banyak jalan menuju ke kehidupan yang indah itu. Asal kita mau peduli pada kehidupan (if you care enough for the living). Memberi sedikit ruang bagi kebaikan dalam diri kita untuk membuat tempat yang lebih baik.

Pada bagian chorus yang di ulang – ulang, terdapat kalimat yang menjadi judul lagu ini; Heal the World, menyembuhkan dunia.

Jika lagu ini disesuaikan dengan keadaan sekarang, ibaratnya, saat ini dunia sedang sakit dikarenakan meluasnya wabah virus corona covid 19. Sudah begitu banyak orang meninggal (there are people dying) akibat virus ini.

Wabah ini melanda di berbagai negara, dan sangat membatasi ruang gerak kita. Karena begitu berbahaya dan cepatnya persebaran virus ini, sudah sejak taggal 16 Mei 2020 kita diharuskan beribadah dan belajar dari rumah.  Sungguh keadaan yang tidak menyenangkan ya Sahabat.

Tetapi sahabat janganlah panik dan sedih berlebihan. Alloh pasti tidak menciptakan sesuatu secara sia-sia. Pasti ada hikmah yang dapat kita petik dari kejadian ini.

Salah satu hikmahnya adalah kita bisa belajar untuk peduli pada kehidupan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi kamu dan aku (make a better place for you and for me).

Di bait berikutnya penyanyi memberi harapan bahwa impian yang kita angankan (the dream we would concieved in) nantinya akan menampakkan wajah wajah yang riang dan bersinar dengan anugrah. Jadi mengapa kita terus menyakiti bumi dan mematikan jiwanya? (wound this earth, crucify it’s soul). Jangan terus menyakiti bumi.

Ini waktunya kita merenung, berhenti sejenak. Mungkin saja kita sudah sering tidak menjaga bumi. Kurang  serius menjaga lingkungan dan kebersihan. Terlalu sibuk dengan hal duniawi sampai lupa mengamati bahwa bumi kita itu sesungguhnya sangat indah (the world is heavenly). Indah lingkungannya, maupun indah penghuninya.

Maka inilah waktunya kita untuk bisa terbang lebih tinggi (we could fly so high). Menjaga agar jiwa kita tidak pernah mati.

Yaitu jiwa yang peduli untuk tidak lagi sering mencemari lingkungan dengan semua sampah dan asap kendaraan kita. Yaitu jiwa yang peduli untuk menghargai kehidupan sebagai pemberian Tuhan.

Ini seharusnya mendorong kita untuk lebih bersyukur dan lebih rajin beribadah pada Yang Maha Menciptakan.

Inilah waktunya kita semua merasa bahwa kita semua adalah saudara  (you are all my brothers). Saling peduli dan bantu untuk menciptakan dunia tanpa ketakutan (create the world with no fear).

Antar negara pun harus saling membantu dalam kemakmuran – diibaratkan dengan plowshare atau bajak untuk bertani- , tak lagi berperang dengan pedang (swords). Bersatu melawan wabah agar segera berakhir.

Sekali lagi, di akhir lagu, penyanyi meyakinkan bahwa kita bisa menyembuhkan dunia dengan peduli pada kehidupan.

Misalnya saat wabah ini, sahabat tetap tertib berada di rumah. Menghentikan dulu kegiatan kumpul-kumpul. Jangan bepergian. Jika kangen dengan teman atau nenek atau saudara, sahabat bisa saling menyapa dan menghibur melalui telefon atau video call. Seperti yang ditunjukkan di bagian akhir video klip di atas.

Jangan jadikan diri sabahat sebagai carrier virus ini. Jaga diri baik baik dan itulah bentuk kepedulianmu pada orang-orang yang kalian sayangi.

Dan pada akhirnya, nantinya kita akan bisa membuat tempat yang lebih baik baik kamu dan aku (make a better place for you and for me). Dunia yang lebih baik.

Soal listening activity:
  1. Urutan lagu yang tepat adalah (tulis hurufnya saja) : .... 
  2. Find some rhymes in the song.
  3. What is the message of the song?
  4. Do you like that song? Why?

POST LISTENING ACTIVITY

Setelah sahabat menyimak dan mengamati isi lagu Heal the World, sekarang saatnya sahabat mengerjakan latihan berikut ini. Pilihlah salah satu jawaban yang benar berdasarkan lagu di atas.

Okay, you’re doing great !
Sahabat, sudah berhasil belajar bahasa Inggris melalui sebuah lagu yang berjudul ‘Heal The World.’ Nyanyikan sekali lagi dengan teman atau anggota keluarga di rumah.
Thank you very much for your attention. See you!

You Might Also Like

37 comments

  1. Suka lagu Michael Jackson.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Saya juga tak bosan mendengarnya. Everlasting!

      Hapus
  2. Ternyata lagunya Michael Jackson ya mbak pada tahun 1982. Kira-kira ada kejadian apa ya tahun tersebut yang mengilhami Michael Jackson?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu lama tapi everlasting. Cocok dng keadaan. Menurut inpo, yg mengilhami itu ketika mas jacko melihat banyak ketimpangan sosial dan dampak perang.
      Katanya ini lagu kebanggaan mas jacko lho, sampai yayasannya pun diberi nama heal the world.

      Hapus
    2. Oh iya, saat itu kalo tidak salah saat itu Amerika habis perang dengan Vietnam ya, setelah itu terlibat perang dingin dengan uni Soviet di Afganistan.

      Luar biasa bang Jacko ya, dia sangat peduli pada sesama nya.😊

      Hapus
  3. wah serasa ikut kelas bahasa inggris nih hihi

    BalasHapus
  4. Setuju, Mbak. Belajar bahasa Inggris yang paling menyenangkan adalah dengan melalui lagu. Dulu pun aku paling semangat di kelas bahasa Inggris kalau gurunya ngajak nyanyi lagu. Hehehe.

    Ngomong-ngomong ini lagu yang dipilih related banget sama kejadian yang terjadi di saat ini. Jadi dengan kembali mendengar dan menyanyi lagu ini membuatku merenung juga. Seharusnya di kondisi seperti ini kita tidak egois dan sibuk dengan ketakutan-ketakutannya masing-masing, melainkan harus saling membantu agar bisa membuat keadaan semakin menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya sih saling membantu mbak Roem, tapi di jalan Jakarta ada orang jatuh pingsan tapi ngga ada yang berani mendekat.😰

      Hapus
    2. Lha itu lho.. Saking takutnya kalo semaput nya itu mergo korona mungkin mas.
      Padahal bener kata mba' roem. Kita harusnya saling bantu bukannya sibuk dengan ketakutan ketakutan yg berlebih

      Hapus
  5. saya dari SMA belajar bahasa inggris dari lagu yang santuy, dan ini salah satu lagu yang sering saya denganr selain weslife. hihi kangen bernostalgia lagi jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oyaa..lagu westlife juga enak diikuti. Jadi ide nih, untuk materi pelajaran berikutnya ;)

      Hapus
  6. memang kalau belajar bahasa inggris dari lagu cepat ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi kebanyakan orang sih begitu, mungkin karena dengan lagu itu kita jadi merasa lebih rilex juga.
      Jadi belajarnya tidak berasa terpaksa

      Hapus
  7. Sependapat jika penyerapan belajar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris itu akan lebih mudah diajarkan melalui lagu atau nyanyian.

    Dulu aku juga begitu, kak.
    Sengaja memutar lagu bahasa asing, terus kudengerin dan kucatat apa lirik yang diucapkan.
    Hasilnya yang kutulis, kucocokkan benar tidaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini, paling cepet memang kalau menyimak lagunya sambil taking notes.
      Sayang , kebanyakan murid saya sekarang pada males taking notes.
      Tapi paling tidak, dengan lagu mereka merasa lebih rilex. Jadi belajarnya tidak berasa terpaksa gitu

      Hapus
  8. Bener banget dulu saya juga demen banget belajar bahasa asing pakai lagu. Pelafalannya lebih mengena sekaligus belajar kulturnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih, dari lagu kita juga dapat manfaat belajar budayanya juga.
      Thanks sharingnya. Besok yg manfaat belajar budaya itu taktambahkan di manfaat di posting an di atas

      Hapus
  9. Bagus juga tipsnya Mbak.
    Terima kasih sudah berbagi ilmu Mbak. 😊

    BalasHapus
  10. Sy juga suka dengerin lagu dlm lirik bhs Inggris mbak, jadi lebih gampang belajarnya walopun blom gapeh"amat,makasih bu guru ilmunya 😊

    BalasHapus
  11. Aku suka lagu MJ yang heal the world juga. Waktu aku les bahasa inggris untuk house wifes, diajarin juga nih belajarnya pake lagu. Lalu nuulis sendiri liriknya setelah paham dan hafal. cara belajar yang menyenangkan dan lebih mudah jadinya

    BalasHapus
  12. Aku tuh susah banget menghapal, pelajaran bahasa jadi momok, apalagi bahasa Inggri. Sama omku dikasih tips kayak gini juga, belajar dari lagu
    Btw ini lagunya sampai banget ke hati, mbak

    BalasHapus
  13. Whaa bener banget belajar bahasa inggris dari lagu atau film kesukaan mayan efektif juga ya apalagi menyenangkan suasananya

    BalasHapus
  14. Sambil baca ini, saya sambil nyanyi juga mumpung ada tulisan liriknya. Jadi kayak karaoke.

    BalasHapus
  15. Setuju nba klu blejar bhs Inggris dimulai dari yang mudah diingat. Seperti lewat lagu misalnya. Jd tahu arti dan makna dari penggalan liriknya ya. Noted deh mba infonya.

    BalasHapus
  16. Dulu, saat masih di bangku SMA dan ada di lembaga. Yuni juga diajarkan mengenal vocabulary dari mendengarkan musik.

    Its fun. Apalagi jika musiknya juga disukai.

    BalasHapus
  17. Nah, aku juga pakai cara ini buat belajar English. Selain lagu, novel juga sangat membantu Mbak. Buat anak-anak pun aku mulai carikan english short story book gitu. PRnya cuma speaking nih. Wah, PR banget pokoknya.

    BalasHapus
  18. Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesua, kalau dilagukan jadi mudah belajar. Jadi menyenangkan ...

    BalasHapus
  19. Saya jadi inget waktu dulu belajar Bahasa Inggris di tempat kursus, kami diajari untuk mendengarkan banyak lagu dari The Beatles supaya bisa lebih mudah belajarnya. Dan memang kerasa lebih mudah.

    BalasHapus
  20. Maka inilah waktunya kita untuk bisa terbang lebih tinggi (we could fly so high). Menjaga agar jiwa kita tidak pernah mati.
    Noted banget ini..
    Saya belajar Bahasa Inggris diantaranya lewat lagu dan memang jadi lebih paham dengan pengucapan dan artinya

    BalasHapus
  21. Wah, lagu legendaris ini mah. Trus lirik lagunya juga dalem banget. Saya suka tipe lagu western yang seperti ini, ga sekadar enak didengar tapi juga punya pesan tentang kebaikan.
    Saya dulu juga memperkaya vocab via mendengarkan lagu western. Suka bikin catatannya. Sampai sekarang juga, sih. Walaupun sekarang nyatetnya lebih sering di hp ;)
    Nice lesson, Mbak!

    BalasHapus
  22. Sempet suka banget sama lagunya MJ ini. Dan emang sampai sekarang masih relevan ya mba

    BalasHapus
  23. Heal the world ini bagiku merupakan sebuah lagu dengan lirik terindah di dunia. Pesannya daleeem banget. Makasih sharingnya, mbak. Ntar aku mau coba terapin ke anak. Waktu sekolah dulu, aku juga belajar bahasa Inggris dari mendengarkan lagu,menonton film, dan menonton siaran berita berbahasa asing.

    BalasHapus
  24. Wah saya sering dengerin lagu inggris walaupunn ga kedengar semua pronunciationnya. Akhirnya baca2 lirik deh. Film juga gitu. Tapi setidaknya membiasakan diri mendengar langsung bahasa inggris kan heheh

    BalasHapus
  25. Saya suka mendengarkan lagu wonderwall dari band oasis. Keren.

    BalasHapus
  26. Dulu jaman lagi sekolah juga (sejak SD) udah belajar bahasa inggeris pake lagu. Jadi kelasnya lebih menarik, jadi tahu lagu inggeris juga dehh

    BalasHapus