Contoh Hortatory Exposition Text & Soal PG Latihannya

07.51

Hello , Good morning Sahabat Belajar. How are you? I hope we're all in good health today.

Di artikel kali ini, kita akan belajar mengenal apa itu teks bergenre Hortatory Exposition. Teks hortatory ini termasuk teks argumentative yang bertujuan untuk mempengaruhi atau meyakinkan pembaca untuk mempercayai atau mendukung pendapat penulis akan suatu issue tertentu. Isu atau ide pokok pembahasannya bisa beragam, bisa tentang lingkungan, politik, sosial atau budaya.

Social Function:

The purpose of Hortatory Exposition is to persuade the reader or the listener that something should or should not be the case.

Text Organization:

  • THESIS
  • ARGUMENTS
  • RECOMMENDATION
Teks berjenis hortatory exposition ditulis dengan sturuktur teks terdiri dari tiga bagian utama itu : Thesis, Arguments, dan Recommendations. Penjelasannya seperti di bawah ini:

THESIS
Awal teks berisi thesis yang merupakan ide pokok pembahasan. Bisa disertai sedikit background/latar belakang permasalahan dan pendapat umum si penulis tentang pokok ide pembahasan tersebut.

ARGUMENTS
Bagian ini berisi alasan – alasan penjelas yang sesuai dengan thesis. Dalam sebuah teks sederhana, bisa terdapat dua – tiga argumen. Bisa dilengkapi dengan contoh dan fakta pedukung tiap argumen. Argumen sebaiknya tidak bertentangan dengan pendapat awal si penulis. 
Argumen di teks hortatory exposition bersifat one-sided argumen. Ini maksudnya, si penulis hanya boleh mengambil satu sisi saja, boleh mendukung saja terhadap suatu issue, atau tidak mendukung suatu issue. Jangan menuliskan hal positif dan negatif suatu issue dalam satu teks hortatory. Kalau poin positif dan negatif bergabung dalam satu text, itu disebut genre text discussion (dipelajari di kelas XII)

RECOMMENDATION
Di bagian akhir teks hortatory exposition berisi recommendation atau saran terhadap isu yang dibicarakan. Penulis bisa menyarankan apa yang seharusnya dilakukan atau apa yang seharusnya tidak dilakukan terkait thesis dan argumen di paragraf sebelumnya.

Example Text

1. Text tentang pentingnya kita untuk menghindari Junk Food.


2. Text tentang pentingnya mengurangi dan menghindari penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari – hari

Listening Exercise & Reading Aloud

Salah satu cara untuk memahami teks dengan lebih baik, kita dapat berlatih dengan Listening Exercise. Apalagi jika anda bergaya belajar auditori. Materi pelajaran akan lebih mudah masuk jika didengarkan.
Sebagai contoh coba dengarkan pembacaan sebuah teks berikut ini. Perhatikan cara pengucapannya dan tirukan. Apakah kamu tahu tentang apa teks yang kamu dengarkan itu? Apa saja saran di teks tersebut?
Ayo dengarkan lagi dengan seksama. Listen carefully.

Making Summary with Mind Mapping

Cara lain memahami teks dengan lebih baik adalah dengan membuat ringkasan memakai teknik mind mapping. Mind mapping adalah semacam diagram yang menunjukkan informasi secara visual. Kamu dapat membuat mind map dengan menggunakan bullpen, pensil warna atau spidol. Atau kamu dapat juga membuatnya dengan menggunakan sarana aplikasi pembuat mind mapping online seperti MindMeister.

Bacalah dulu keseluruhan teks lalu buat ringkasanannya dalam bentuk mind mapping. Gaya mind mapping bisa berbeda – beda, yang penting bisa menunjukkan gambaran isi teksnya secara ringkas. Cara membuat mind mapping yang paling umum dipakai adalah sebagai berikut:
Contoh pola mind mapping (sumber dari https://focus.mesiterlab)

  1. Tuliskan subject utama di tengah lembaran kertas
  2. Gambar cabang – cabang dari pusat itu tadi. Setiap cabang bisa menyimbolkan satu ide atau pemikiran terkait subject yang dibicarakan di teks itu. 
  3. Dari tiap cabang itu berilah tambahan cabang – cabang berisi penjelas untuk tiap satu ide.
  4. Kamu dapat menggunakan  warna – warna, ikon, tulisan aestetik, atau gambar untuk mendukung mind mappingmu. Gambar, ikon, warna dan tulisan aestetik itu tujuannya untuk membantu kamu memercikkan munculnya ide baru atau penjelas teks.
Sebagai latihan sederhana, ayo kita gunakan mind mapping untuk teks berikut ini. Teksnya juga bergenre Hortatory Exposition. Bacalah dulu teksnya secara keseluruhan. Lalu tentukan ide pokoknya dan ide ide penjelasnya, misalnya kita gunakan pola struktur teks Hortatory Exposition yang kita pelajari di awal tadi untuk membantu alur berpikir kita saat meringkas ini.

Tentukan mana bagian thesisnya, apa saja argumen – argumennya, dan bagaimana saran yang diberikan oleh penulis di akhir teks. Lalu jabarkan dalam bentuk bagan mind mapping yang menarik.

Text 1:

The Bad Impact of TV for Children

Is it important to know what your kids are watching? Of course yes. Television can expose things you have tried to protect them from, especially violence, pornography, or consumerism. 

A study demonstrated that spending too much time on watching TV during the day or at bedtime often causes bedtime disruption, stress, and short sleep duration. Another research found that there is a significant relationship between the amount of time spent for watching television during adolescence and early adulthood, and the possibility of being aggressive. Meanwhile, many studies have identified a relationship between kids who watch TV a lot and being inactive and overweight.
 
Considering some facts mentioned above, you should protect your children. Parents should limit television viewing to one until two hours each day for children. It’s better not to allow your children to have a TV set in their bedrooms. As parents, you should watch television with your children and discuss what is happening in the show.

Text 2:

STUDENTS SHOULD BE DISCOURAGED FROM SMOKING

Smoking has become a big problem among students today. Although the price of cigarettes has increased, the number of students smoking has not decreased. There are many reasons why smoking is dangerous.    
 
First, smoking is bad for our health. Many health problems are caused by smoking. Breathing problems like asthma and even lung cancer are some of them. Smokers also have yellow teeth and pale-looking skin. At times, their lips are black.    
 
Next, smoking also causes social problems. Teenagers will save money to buy them. They would rather not eat but smoke. Smoking also pollutes the environment. The carbon monoxide brings harms not only to people but also to the environment.    
 
Students should be discouraged from smoking. The price of a pack of cigarettes should be raised. Teenagers caught smoking in school and public places should be severely punished. Parents should be held responsible for teenagers who smoke. Hefty fines should be imposed on them.    
Nah, sekarang kalian pasti sudah dapat memahami text bergenre Hortatory exposition dengan baik. Now it's time for quiz!
Sekarang kalian kerjakan latihan berikut ini. Kerjakan dengan sebaik - baiknya ya , tanpa bertanya kanan kiri. Cobalah untuk menantang dirimu sendiri, apakah sudah benar - benar paham mengenai text ini. Good Luck :)




Bagaimana hasilnya? I hope you did well. Good Job!
Semoga sekarang kalian sudah lebih paham mengenai text berbahasa Inggris bergenre Hortatory Exposition. Teruslah membaca dari berbagai sumber.
Keep reading and someday you'll be  a great leader.

  Salam belajar,


You Might Also Like

8 comments

  1. Hello, good morning sahabat pelajar..
    Itu, apakah murid2 nya mbak Dewi dalam pelajarannya di sekolah melalui blog ini dan mengisi jawabannya di Google form tersebut yaa? Waah keren sekali ini mbak.. Sudah modern yaa sebab sekolah zaman Corona gini ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyesss mas dodo :) ayo bisa ikut juga mengerjakan , jadi muridnya misis dewi. Nanti mas dodo takkasih nilai tambahan deh :D

      Hapus
  2. bakal jadi rujukan buat yang nyari materi hortatory exposition text, makasih ya mba

    BalasHapus
  3. Aku baca ini jadi inget english teacherku jaman SMA. Keren ya sekarang bisa belajar dari manapun. Termasuk di blog ini :) sukses miss...

    BalasHapus
  4. ah....i see

    i see

    sekarang aku jadi tahu perbedaan text hortatory dengan text discussion..kalau hortatory lebih ke opini atau argumentasi yang dominan mendukung atau tidak mendukung suatu issue..tapi yen discuss adalah bisa dijabarkan dua duanya...siyapppp.makasih ilmunya mba wi...belajar lagi ni aku jadinya

    ingat banget ini materi pelajaran smp atau sma gitu...tapi aku inget materi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul.. hortatory cuma satu sisi. Discussion dua sisi pembahasan. Pinteer deh mbak mbul
      Ini srkarang pelajaran sma kelas xi mbak

      Hapus