Belajar Menulis Puisi dan Mempercantiknya dengan Canva

18.20




Mulai tahun lalu, semenjak tercemplung di kelas menulis Jenius Writing (JW), saya mulai aktif belajar menulis. Mulai mencorat coret kalimat demi kalimat dengan arahan Lutfhi CoachWriter artist dan teman-teman komunitas JW. Kata Coach,” Belajar menulis itu ya dengan menulis!”

Tulis apa saja, apa pun yang keluar dari pikiran. Langsung tulis. Jangan sibuk mendesain kalimat, alur atau mengeditnya saat proses menulis awal. Nulis sampai ngedit itu seperti nggoreng tempe ditunggui debt collector! Hihi .Bikin gugup!

Demikian juga dengan proses saya belajar menulis puisi. Langsung saja saya urek-urek dulu di kertas seadanya. Misalnya ketika suatu saat hati saya sedang galau karena sesuatu hal yang disebabkan oleh seseorang, langsung saya tulis saja kata-kata yang ingin saya keluarkan di depan dia lewat puisi. Hari berikutnya, saya ketik sambil baca lagi. Disini baru ada sedikit editing, beberapa kata diganti, beberapa kalimat sedikit diubah posisinya.

Setelah ditulis dengan Word, kita bisa mempercantik tampilan puisi kita dengan Canva.

  1.        Aplikasi ini bisa di diinstal ke ponsel anda lewat Google Play. Kalau saya, menggunakan lewat Canva online. . Anda dapat  log in menggunakan akun Google atau Facebook.
  2.     Ada banyak pilihan pada bagian ‘Create Design’.  Saya kali ini memilih desain ‘quote social grapic.’
  3. Pilih desain yang kita inginkan. Kalau tidak ingin yang berbayar, pilih yang ada logo ‘free’. Desain yang berbayar pilihannya tentu saja jauh lebih banyak, lebih menarik dan tanpa watermark : )
  4. Copy tulisan puisi kita dari word, atur di Canva sesuai template. Untuk tampilan latar belakang, kita bisa memilih menggunakan pilihan background yang disediakan Canva, di sisi kiri sidebar. Pilih yang free jika tidak ingin yang berbayar. Kita juga dapat membuat background dengan upload foto kita pribadi. Untuk puisi diatas, saya memakai background foto pribadi sedangkan untuk puisi dibawah, saya menggunakan background dari Canva. Atur posisi background dan tulisan sesuka hati.
  5. Share ke sosial media kita atau download untuk disimpan sendiri. Selamat mencoba. Dan jangan heran kalau kita terus ketagihan utak-atik via Canva. 😉


Tadaaa dan ini dia contoh hasil belajar saya:



You Might Also Like

28 comments

  1. Cantik backgroundnya. Bagus ya mba. Nanti mau coba dipraktekkan.
    Ini backgriunnya yg fee?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak.. yang ungu itu pakai background yang free. yang atas saya coba upload pakai foto pribadi

      Hapus
  2. canva emang paling de best sih, saya juga kalau desain apapun di canva, cakep-cakep backgroundnya hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan enaknya banyak yang free ya , mbak. saya lagi seneng-senengnya nih belajar utak utik pakai si Canva ini.

      Hapus
  3. Keren tipsnya..juga puisinya. Background Canva memang cakep-cakep ya. Mudah lagi bikinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasiiiii.. haduh jadi tersandjuuung ini. Sedang proses belajar nih, mbak. Juga lagi seneng-senengnya belajar utak-atik Canva.

      Hapus
  4. Bagus yah hasil sehabis pake canvanya..ga polos lagi. Aku juga pake canva kalo buat feed instagram mba kaya qoute atau logo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Mega, tampilan puisi kita jadi tidak polosan. Jadi suka warna-warni gitu. Mau coba juga ah untuk feed medsos seperti quote atau logo.

      Hapus
  5. Saya juga suka pake canva. Tapi ngutak atiknya masih enak di pc banding di hp. Hehehe..itu menurut saya. Meskipun seringnya utak atik pake hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya Canva juga banyak yang free. Betul, mbak.. untuk utak utiknya memang lebih leluasa kalau pakai pc. Mata saya kurang awas kalau pakai hp hehe

      Hapus
  6. Balasan
    1. Terimakasi dek ayasha...Ayoo dicoba coba. Ini saya termotivasi penegen buat komik seperti dek ayasha :)

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Aku juga suka edit-edit poto pake canva, templatenya bagus-bagus dan user-friendly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak. sangat mudah diaplikasikan,jadi betah milih-milih template yang pilihannya buanyaaak banget.

      Hapus
  9. Canva memang keren. Malah lebih gampang pakai dr HP drpd di laptop yah. Cuma kalo di HP terlalu kecil. Mata saya capek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul, mudah diaplikasikan bahkan untuk pemula seperti saya. Mata saya juga kurang awas kalau utak utiknya pakai hp. Lebih nyaman pakai pc.

      Hapus
  10. Keren... Belajar buat puisi itu harus mengalir ya mba. Sdh lama saya gk nulis puisi puluhan tahun kayaknya. Hihi... Good lah tips nya, smg saya bisa menulis puisi lagi. Canva pun lgi bljar, 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasiii.. ini juga lagi belajar. Lamaaa sekali tidak mencoba menulis puisi atau sesuatu yang fiksi gitu. Ayoo mbak, belajar barengan.

      Hapus
  11. Wah, pake canva agar puisinya lebih menarik. Keren 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasii , mbak. Sedang belajar agar lebih terampil utak atik nulis puisi dan Canva

      Hapus
  12. Aku juga suka canva. Pilihan background nya yg gratis lumayan banyak. Sayang blm bisa bikin puisi ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo mbak, dicobaa.. ini saya juga sedang tahap belajar

      Hapus
  13. Canva juga jadi andalanku untuk desain online. Tapi kalo pas kuota cekak ya terpaksa pake yang lain heheh. So far paling demen ama canva untuk urusan pernak pernik dan desain templatenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup menyerap kuota ini ya, mbak.. saya kebetulan pakai pc dan nebeng hotspot wkwk

      Hapus
  14. Toss, Mbak. Saya suka pakai canva untuk banner blog, suka bikin puisi juga. Rasanya lega kalau ganjalan tersalurkan dalam kalimat-kalimat cantik berima. Sip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, mbak. Dengan belajar menulis puisi ganjalan perasaan saya jadi tersalurkan.. tanpa perlu meledak ke orangnya langsung.

      Hapus
  15. Wah, menarik ternyata. Aku termasuk yang tidak biasa memakai canva. Biasanya pakai picsart

    BalasHapus