Menikmati Alam di Goa Rong View & Menginap di Tlogo Resort Tuntang

07.17

A Dream Vacation
It’s just a sweet escapade


Tempat ini cocok bagi yang ingin berwisata di sekitar Salatiga atau Semarang dengan suasana yang tidak terlalu ramai.  Menginap di Tlogo Resort kemudian berwisata di Goa Rong View rasanya cukup manjur untuk lari dari kepenatan rutinitas di hari kerja. Bagaikan a sweet escapade; sebuah pelarian yang manis.

Tanggal 22 – 23 Desember 2019 lalu, saya berkesempatan menginap di Tlogo Resort  Tuntang. Ikut kegiatan kantor sih. Tetapi dengan desain kegiatan yang agak serius tapi ringan, jadinya bisa berasa liburan.
Ngopi manis di beranda

Sebelumnya tidak pernah saya mendengar ada sebuah resort di daerah Tuntang ini. Tlogo Plantation Resort ini letaknya dekat Danu Rawa Pening yang telah termasyur itu. Patokan arahnya gampang kok. Kalau dari arah Semarang, ikuti jalan raya Semarang-Solo sampai ketemu Jembatan Tuntang. Nah, di sebelah kiri jalan pas pertigaan nanti ada petunjuk arah menuju Tlogo Resort atau Goa Rong View (Agrowisata Tlogo). Dari jembatan Tuntang itu jaraknya sekitar 2 km. Kalau dari arah Solo atau Salatiga posisinya sebelum Jembatan Tuntang, di sebelah kanan jalan.

Pada bulan Desember itu ternyata masih termasuk musim durian. Di sepanjang jalan dari jembatan menuju Tlogo Resort terdapat beberapa kios kaki lima menjajakan durian. Aroma durian dari berbagai jenis dan ukuran sungguh menggiurkan. Soal harga relatif, sih. Kalau pandai memilih dan menawar pasti bisa mendapatkan durian kualitas bagus dan besar dengan harga di bawah seratusan ribu.


Beberapa tipe penginapan

Memang Tlogo Resort ini di dirikan diantara perkebunan kopi, karet dan beberapa buah-buahan seperti durian. Tlogo Plantation Resort merupakan kompleks penginapan yang begitu tenang di pegunungan yang sejuk dan subur di Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Waktu rasanya berjalan lambat di sini, begitu sejuk dan tenang.

Fasilitas dan Suasana Tlogo Resort

Tlogo Plantation Resort memiliki 22 Garden Cottage & 15 kamar Hotel standar, Kolam Renang, Convention Hall & ruang pertemuan (50-250 orang kapasitas), restoran, Bilyar, kolam pemancingan, Area Outbond di antara perkebunan kopi dan kebun buah-buahan tropis. Sedangkan Garden Cottage nya terletak di antara taman perkebunan kopi & buah-buahan tropis seperti bintang buah, Durian, Rambutan, kayu manis, mangga, dan pala.

Kebetulan waktu itu saya dengan seorang teman mendapat kamar tipe cottage. Jadi tipe cottage ini berupa sebuah rumah kecil dengan satu bed besar, dengan teras di depannya. Satu cottage dengan cottage lain agak jauh-jauhan disela pepohonan kopi dan buah. Kalau saya, rasanya tidak akan berani kalau menginap sendirian. Hehe .. yaiya lah agak jauh-jauhan, namanya juga resort, kalau empet-empet an kan jadinya rusun.

Konsepnya sesuai untuk anda yang menyukai konsep back to nature. Alami sekali suasananya. Furniture dan perlengkapan di dalamnya ya tidak semewah seperti kalau anda menginap di bintang lima. Ada TV, almari, pemanas air minum, dan perlengkapan mandi standart. Konsep kamar mandinya semi outdoor, gitu. Dinding dan lantainya dengan nuansa batu. Untuk tipe cottage, ada air panasnya untuk mandi.

Suasana kamar dan kamar mandi yang alami
Berbagai fasilitas juga ada, seperti restoran yang menyajikan hidangan lokal istimewa, mushola, flying fox, paintball, bilyard, small playing ground dan kolam renang yang luas, ada kolam renang dangkal untuk anak-anak dan kolam renang untuk dewasa. Bisa juga untuk menyelenggarakan inhouse training, outbound, atau rapat.

Ruang pertemuan yang kami tempati untuk rapat berada di area depan. Terlihat dari gerbang saat kita masuk. Ruang pertemuan ini berbentuk gedung bangunan peninggalan jaman Belanda. Dengan pintu dan jendela besar, serta pilar pilar megah. Cukup nyaman untuk rapat dengan suasana lain.

Ruang Pertemuan bergaya bangunan Belanda
Tersedia beberapa package meeting, IHT, atau Wedding dengan berbagai variasi harga. Harga dan fasilitas tiap tipe kamar dapat anda amati di wesite resminya: www.tlogoplantationresort.co.id atau kalau anda mau menghubungi langsung dapat ke alamat berikut.

Lokasi : Desa Delik Kecamatan Tuntang Jl. Raya Tuntang Bringin KM 2, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Nomor Telepon: 0298 340 111
Email: Info@tlogoplantationresort.co.id atau marketing@tlogoplantationresort.co.id

Goa Rong View


Goa Rong View ini berada di atas bukit yang bisa ditempuh dari jalan buatan di sebelah utara bangunan gazibu utama. Jalan yang ditempuh naik turun tajam dan berkelok.
Jika anda ingin melewati jalur yang lebih aman, anda bisa melewati jalan utama melalui jalan aspal menuju pos penjagaan.

Saya bersama rombongan waktu itu menggunakan kendaraan shuttle yang di sediakan oleh pihak penginapan. Kami akan makan pagi sekaligus berwisata di Goa Rong View.  Lokasi Goa Rong View ini memang berada di bukit dekat Tlogo Resort (kurang lebih 2 kilometer).

Anda bisa menuju ke lapangan Tlogo yang berada tepat di gerbang masuk resort tersebut, lalu ambil belokan ke arah kanan. Pertama kita akan melewati sedikit permukiman warga. Kemudian  perjalanan berlanjut dengan jalan yang menanjak untuk menuju ke Bukit Rong. Di sepanjang perjalanan kita dapat melihat jajaran pohon-pohon karet yang disadap.Setelah itu akan ada pintu gerbang untuk menuju ke Wisata Goa Rong.

Sesampainya di lokasi, wooow... Sejauh mata memandang tampak hamparan Rawa Pening dan gugusan pegunungan Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Ungaran dan Telomoyo.


Berfoto-foto dan menikmati pemandangan alam

Tempat ini sangat cocok bagi para penggemar fotografi dan anda yang gemar selfie dan wefie dengan pemandangan alam.  Yang paling istimewa adalah mengabadikan moment matahari terbit dan tenggelam. Sayang waktu itu kami terlambat untuk sunrise, karena beberapa rekan kami keasyikan berenang setelah bangun tidur. Mereka bilang airnya segar sekali di kolam renang sampai keasyikan dan lupa agenda acara. Hadeh.
Pada asik berenang pagi

Tapi tak apa, suasana toh juga sedang agak mendung. Maklum sudah mulai memasuki musim penghujan. Sunrise paling juga tidak akan terlihat jelas. Pemandangan alam nya juga tetap istimewa pagi itu. Begitu fresh, memanjakan mata yang sehari-hari lelah di depan hamparan tugas di komputer.
Saya rasa beberapa spot foto sudah tidak sehebat gambaran di tahun 2017 atau 2016 an. Masih cukup bagus tetapi agak kurang terawat.

Beberapa spot selfies & wefies

Jalan menuju Goa nya pun beberapa bagian sudah tinggal berupa jalan setapak kecil bebatuan tanpa pegangan besi. Jalan menju Goa Rong ini menurun dari lokasi Goa Rong View. Awalnya berupa tangga jalanan bersemen dengan dilengkapi pegangan besi di samping jalan, tetapi di tengah-tengah jalannya sudah kurang terawat. Tetapi kalau anda penggemar trek jalan alami, mungkin akan terasa lebih menyenangkan.

Goa Rong ini bukanlah berupa goa luas dengan stalaktit stalakmit. Goa ini sesuai dengan namanya dalam bahasa Jawa ‘Rong’ yang bisa berarti liang atau lobang. Goa Rong bentuknnya tidak terlalu besar. Terdapat beberapa ruang atau rongga sempit di dalamnya. Menarik mengamatinya diantara batuan besar. Hanya sayang terlihat beberapa ulah tangan jahil yang mencorat coret dinding goa. Duh, jangan ditiru ya.


Trek menantang menuju Goa Rong

Fasilitas lain yang terdapat di Goa Rong View ini antara lain:
Beberapa Gazebo yang disediakan untuk pengunjung
Resto atau Cafe
Area Bermain
Gardu Pandang
Musholla
Camping Ground
Area Parkir

Kami menikmati sarapan dan kopi atau teh di resto yang terdapat di Goa Rong View ini. Kuah Soto dan kopi panas terasa lebih istimewa saat dinikmati sambil duduk – duduk mengobrol sementara mata memandang lepas ke pemandangan yang indah. Setelah itu kami tak sabar untuk berfoto-foto dan mengeksplore keindahan Goa Rong View.

Obyek wisata lain di sekitar Goa Rong View dan Tlogo Resort
1. Danau Rowo Pening
Obyek wisata ini dilengkapi dengan perahu tradisional yang siap mengantar Anda mengelilingi danau seluas ribuan hektar. Di lokasi ini juga menyediakan tempat pemancingan alam.

2. Eling Bening
Obyek wisata Eling Bening ini juga terletak perbukitan disekitar Goa Rong, namun dengan pemandangan alam ke arah Kabupaten Semarang.

3. Kampung Rawa
Kampung Rawa sebagai tempat wisata kuliner yang banyak dikunjungi karena tempatnya yang nyaman berada diatas permukaan air pada sebuah rumah apung sambil menikmati keindahan alam sekitar rawa.

4. Objek wisata baru dan kekinian yang lain : Cimory, Lembah Sumilir, Kampung Kopi Banaran, atau yang happening saat ini : SALOKA. Saya bersama keluarga pernah mengunjungi Saloka sebelumnya. Saloka ini menjadi wahana taman bermain yang terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah.

Go Plan a Holiday!

Bagaimana? Tertarik untuk merencanakan liburan di sini?


Kalau mau berlibur bersama keluarga, dengan anak-anak yang masih kecil, sebaiknya anda gambarkan dulu keadaan dan situasi penginapan serta medan menuju Goa Rong nya. Beberapa anak bisa saja protes karena gambaran hotel nya tidak berupa penginapan mewah bertingkat di tengah kota.

Diskusikan dahulu kegiatan yang akan dinikmati. Tetapi jika anda pecinta suasana alam yang tenang dengan trek perjalanan agak menantang, Tlogo Resort dan Goa Rong adalah alternatif pilihan yang menarik.

Video Lebih Lengkap di Channel YouTube ini :

https://www.youtube.com/watch goa rong

Tarik nafas dalam-dalam. Rilex.
Tak usah ambil langkah buru-buru. Explore the nature!



You Might Also Like

28 comments

  1. Enak juga nih jalan-jalan di goa Rong, apalagi pemandangan nya indah ya dekat danau rawa pening, tapi tidak bikin kepala pening..😁

    BalasHapus
  2. Mantul bun.....saya liburan dirumah mertua tersayang aja

    BalasHapus
  3. Penginapannya memang agak Lawas ya. Tapi pemandangannya oke. Memang penting nih kalau bersama anak harus dibriefing dulu perjalanan ke goa Roa

    BalasHapus
  4. Huaa.. destinasi wisata di Goa Rong banyak juga, jadi kepo nih.
    Eniwei saya suka banget kamar mandinya, mandi di situ seakan mandi di bawah pancuran dengan pemandangan desa yang sejuk. Eh apa seh...ngayal saja saya hahaha

    BalasHapus
  5. Itu satu cottage dengan cottage lainnya terpisah kebun. Berasa punya kebun sendiri ya, hehehehe ...

    BalasHapus
  6. Baru denger nama Goa Rong. Pertanda banget nih episode jalan-jalannya masih kurang banyak, hahaha ... Anak-anak di rumah sih suka-suka aja kalau ketemu perjalanan yang menantang.

    Menginap di cottage seperti ini nyaman aja tapi lebih asyik kalau bareng rombongan atau keluarga ya, Mbak.

    BalasHapus
  7. waah..keren ya goa rong ini, apalagi resortnya...mupeng nih sama durennya...hahaha. tq infonya.

    BalasHapus
  8. Mantaff ini mba, liburan sambil panen durian hehehe... alami banget ya tempatnya. Jadi pengen ke sana deh. Kapan hari ke Cimory sama museum kereta tapi gak sempet ke daerah Rawa Pening ..

    BalasHapus
  9. Wahhh yang bikin seru tuh kek gini, kita bisa berkunjung ke lokasi wisata yang dimana disana ada tempat penginapannya juga. Apalagi di tempat penginapannya memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa dimanfaatkan dengan baikk. Jadi kalau ingin benar-benar menikmati wisata tersebut tidak hanya sekali datang saja lalu pulang, tapi juga bisa menikmatinya selagi masih nginap disana.. Jadi untuk berwisata jadi terasa puas dan menyenangkan dan bisa meninggalkan cerita yang menarik, yang bisa kita ceritakan atau bagikan di blog atau tetangga hehe keren

    BalasHapus
  10. Aku adalah salah satu orang yang demen banget wisata alam begini. Apalagi lokasinya di sekitaran semarang aja. Wah kayaknya bisa jadi tambahan referensi buat liburan.

    Terima kasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  11. Kamar mandinya keren, alami gitu. Walaupun aku kalo mandi di situ celingukan dulu kali yah...Hehe...
    Wah...aku kuat ga ya jelajah ke Goa Rong View?...

    BalasHapus
  12. Ke Salatiga dan ke Semarang, dua-duanya aku belum pernah, heheh. mainku kurang jauh ya. Tapi mudik lebaran nanti sedang merencanakan mampir Semarang. Nah,tinggal nanti lihat rutenya dulu nglewatin penginapan ini tak. Kalau iyes, sih, bisa sekalian nyoba.

    BalasHapus
  13. Wah bisa disinggahi ini kalau pas mudik, karena saya selalu via tol Semarang-Solo
    Ini berarti kalau ke arah Dieng lewat ya..?
    Enak tempatnya, Mbak, Tlogo resort dan Goa Rong ...masih alami ini

    BalasHapus
  14. Baru tahu kalo ternyata di dekat rawa pening ada resort yang indah dan terlihat nyaman banget ini. Masya Allah.... apalagi ada bberapa tempat wisata juga tak jauh dari situ... benar-benar paket lengkap deh

    BalasHapus
  15. Tlogo Plantation Resort bagus dan terkesan alami. Hanya itu, kamar mandinya terbuka atasnya ya, Mbak? Wah, saya kayaknya gak bisa tenang kalau mandi di sana hihihi
    Lebih baik menginap di rumah simbah, kebetulan rumahnya di dekat Rawa Pening :))

    BalasHapus
  16. Keren bange tempatnya, suasana alam-nya dapat banget. Btw, kamar mandinya amankah? Takutnya lagi asyik di dalam tiba-tiba ada yang muncul dari balik tembok. Abis, kayak terbuka, gitu...

    BalasHapus
  17. Meski namanya berkesan seram, Tetapi ternyata Goa Rong ini mempunyai tempat asri dan nyaman untuk melepas penat atau untuk berlibur bersama keluarga.😄😄


    Dan pemandangannya juga cukup Instagramable banget nih.😄

    BalasHapus
  18. Goa Rong. Noted deh mba. Ini di Semarang kan ya...Ternyata masih bnyk yg belum kukunjungi. Mupeng deh mb...beberapa kali ke Semarang tp blm pernah kesini. Mksh mb infonya, kerenn

    BalasHapus
  19. Asik banget mba jalan2 ke Goa Rong dengan banyak pilihan destinasi. Btw, kamar mandinya aku suka, hehe. Terbuka gt. Aku pernah nginep di Villa di Bali dan kamar mandinya gt, asik aja sih :D seru mba liburannya

    BalasHapus
  20. Desain cottagenya jadul banget yaa. Aku juga kayanya ga bakalan berani nginep sendirian. Kudu rame-rame. Lumayan jeeper kalo sendirian

    BalasHapus
  21. Wah, penginapannya cocok buat nginep sama suami nih. Biar berasa honeymoon lagi. Hehehe.
    Nice info, Mbak, bisa aku jadikan rencana traveling. Tapi sepertinya tunggu musim penghujan selesai dulu, biar jalan-jalannya puas.

    BalasHapus
  22. Waaahh, ternyata indah yaaa pemandangan ya. Mama saya tinggal di Semarang, tapi setiap pulang enggak pernah sempat keliling ke tempat wisata karena sering buru-buru lagi pulang ke Bandung.

    Semoga liburan sekarang bisa mampir ke Goa Rong aaaahhh😍

    BalasHapus
  23. Indah banget ya mbak view di daerah rawa pening. Ternyata ada resort dengan fasilitas lengkap dan kapasitas yang lumayan besar ya? Saya dulu cuma jalan-jalan seputar rawa peningnya aja. Hehe nggak sampai ke goa rong yang lumayan juga ya medannya. Thanks artikelnya mbak

    BalasHapus
  24. Belum ada update terbaru, balik lagi ah.😃

    BalasHapus
  25. tlogo resortnya emang keliatan dari foto2 nya emang nyaman banget begitu ya, pengen deh ngunjungin SALOKA, kayak gimana sih tempat dan suasanya, bisanya cuma ngeliatin doang dari google hahaha, belum bisa kesana. wkwkwk

    BalasHapus
  26. Enak banget ya resortnya, nyaman dengan suasana tenang. Sejuk pasti karena dikelilingi perkebunan.

    BalasHapus
  27. Kamar mandinya karna paket atap tembus cahaya jadi kayak terbuka gitu yah.

    BalasHapus