Menulis Laporan Pembuatan Media Pembelajaran SAC untuk Kenaikan Pangkat Guru

22.03


LAPORAN 
PEMBUATAN ALAT PERAGA / PELAJARAN

APLIKASI SAC BERBASIS ANDROID BERISI ANIMASI, VIDEO, DAN MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Urut-urutan laporan yang kami buat adalah seperti ini :

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah SWT, penulisan laporan pembuatan alat pelajaran berupa aplikasi SAC berbasis android berisi animasi, video dan materi pelajaran mapel Bahasa Inggris kelas XI. Laporan  ini menyajikan deskripsi pembuatan dan penggunaan media pembelajaran tersebut.
Dalam menunjang pembelajaran agar lebih berkualitas, guru seharusnya berupaya memanfaatkan berbagai jenis media pembelajaran. Guru seharusnya tidak lagi monoton menggunakan metode pembelajaran ceramah untuk tatap muka secara langsung sepanjang waktu. Peserta didik seharusnya didorong untuk lebih banyak berlatih Bahasa Inggris secara mandiri di rumah untuk meningkatkan ketrampilannya.

Pembuatan aplikasi SAC berbasis android berisi animasi, video dan materi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru untuk menyediakan berbagai sumber belajar bagi siswa agar siswa lebih mudah memahami/mengulang materi pelajaran. Dalam hal ini materi pelajarannya adalah expressing advice. Dengan media pembelajaran SAC ini, peserta didik dapat menginstalnya di gawai mereka dan digunakan untuk berlatih secara mandiri tanpa memerlukan jaringan internet yang dapat menguras kuota mereka.

Semoga dengan laporan ini, anda dapat mencermati barangkali ada manfaat di dalamnya dan mengkritisi kekurangan yang melekat didalamnya. Saya berharap datangnya kritik saran yang membangun untuk peningkatan kemampuan dalam membuat alat pelajaran yang lain di kemudian hari.

Wonogiri, Mei 2022
ttd.
(Nama.NIP penulis laporan)

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 
Masa pandemi Covid 19 yang baru saja mereda jadi pemicu bagi guru untuk semakin aktif  berbagai metode dan teknik yang bisa diterapkan dalam pembelajaran. . Waktu pandemi, Berbagai metode dan sarana dicoba karena ini kan memang hal yang baru untuk kita semua. Tiba-tiba saja pembelajaran harus full daring. Sedangkan keadaan murid dan orang tuanya bisa berbeda-beda. Keadaan geografis tiap tempat bisa beragam. KD yang diajarkan juga berbeda-beda. Agar bisa mencari yang pas dan tidak bosan, banyak guru sudah berusaha mencari cara dan belajar terus menerus. Salah satunya adalah dengan membuat aplikasi di platform SAC ini.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK), memiliki potensi yang sangat besar sebagai sarana atau alat untuk mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pendidikan abad 21, guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran. Artinya, guru haru memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan TIK didalamnya. Hal ini juga diiringi dengan perkembangan media yang beragam misalnya beragamnya buku elektronik, media audio, video, permainan dalam jaringan, media augmented reality dan media lainnya.

Perkembangan teknologi ini mempengaruhi cara guru dan siswa dalam belajar. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran ini akan memberikan kesempatan kepada guru untuk merancang pengalaman belajar yang bermakna dengan menggunakan teknologi. Oleh karena itu guru dan siswa perlu mengembangkan kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Pembuatan aplikasi SAC berbasis android ini merupakan salah satu media yang menarik dan bermanfaat sebagai salah satu alat peraga / alat pelajaran. SAC adalah singkatan dari Smart Apps Creator. Ini adalah semacam pembuat aplikasi tapi versi agak instan, tidak memakai coding coding yang terlalu ribet. Media pembelajaran ini dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku. 

Menurut Buku 4 PKB, yang dimaksud dengan alat peraga / alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang digunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan. Alat pelajaran/peraga mempunyai ciri memperjelas konsep/teori/cara kerja suatu alat dan ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.

Dalam hal ini media berbasis SAC Fun English yang kami buat adalah salah satu alat pelajaran yang digunakan untuk memperjelas konsep tatacara bertelepon dalam bahasa Inggris untuk menyatakan nasehat (advice). Aplikasi SAC berbasis android yang berisi animasi, video dan materi ini bisa berdurasi sekitar 15 menit sampai 25 menit, jadi masih termasuk dalam katagori alat pelajaran sederhana, dengan nilai angka kredit 1. Harapannya, selain bermanfaat bagi peserta didik, ini juga menjadi salah satu poin bagi nilai pengembangan diri guru.

B. Tujuan
Pembuatan alat peraga/pelajaran berupa aplikasi SAC berbasis android berisi animasi, video dan materi ini bertujuan untuk :
1) membantu peserta didik kelas XI SMA dalam memahami konsep konsep dan beberapa contoh ungkapan menyatakan nasehat dalam bahasa Inggris (advice). Membuat saran dalam Bahasa Inggris memerlukan beberapa frase dan gambits tertentu sesuai dengan konteksnya. Peserta didik akan kesulitan jika hanya membayangkannya. 
2) Menyediakan media pembelajaran yang menarik, berkualitas dan memudahkan peserta didik. Siswa dapat memahami materinya melalui animasi dan video pembelajaran yang disematkan dalam media pembelajaran ini. 
3) Tujuan akhirnya adalah peserta didik nantinya dapat lebih lancar mempraktekkan ungkapan menyatakan saran – tawaran dalam bahasa Inggris dan kemudian dapat meningkatkan nilai pengetahuan dan keterampilan untuk KD ini. Media ini bertujuan memberikan pengalaman berlatih mendengarkan dan berbicara, tetapi juga dilengkapi materi dan latihan soal untuk mengasah keampuan kognitif peserta didik.

C. Manfaat
Menurut saya ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh saat menggunakan SAC sebagai alat peraga media pembelajaran:
1) Murid jadi tidak bosan dengan cara belajar yang itu-itu saja. Dengan SAC pembelajaran bisa jadi lebih menarik dan interaktif. Saat murid merasa senang, pembelajaran jadi mudah diserap.Jika pembuatnya kreatif, aplikasi ini tampilannya bisa seperti game-game yang menarik. Bisa berisi materi dan quiz seperti petualangan tetapi dikaitkan dengan pembelajaran. Kalau produk saya sendiri sih belum bisa sekeren itu. Masih perlu banyak belajar. Tapi di luar sana sudah ada beberapa guru yang bisa mengemas pembelajarannya seperti game interaktif yang menarik sekali tampilannya.
2) Bisa dijalankan tanpa koneksi internet. Ini keuntungan lain memanfaatkan SAC. Aplikasi jadi yang sudah saya buat, saya kirim lewat WA kemudian murid bisa menginstalnya di gawai mereka masing-masing. Bisa dipakai belajar berulang-ulang tanpa koneksi internet. Dengan menginstal alat pelajaran ini di HP mereka, peserta didik akan mempelajarinya lebih mudah dan menarik, tanpa terkendala habisnya kuota interet. Ini karena begitu terinstall, peserta didik dapat menggunakannya secara berulang tanpa internet.
3) Peserta didik menjadi lebih terlatih dalam listening and speaking expressing advice, sekaligus dapat memahami reading spoken text expresiing advice. Media ini dapat diisi banyak hal sesuai kebutuhan pembelajaran yang ingin ditekankan.
Jika dieksplore lebih intensif, saya yakin akan lebih banyak manfaat yang dapat dipetik dengan membuat media pembelajaran dengan SAC ini, baik bagi guru maupun bagi peserta didik.

BAB II   RANCANGAN/DESAIN ALAT PERAGA

A. Skema Alur Rancangan
Alat peraga/pelajaran yang kami rancang ini dengan menggunakan aplikasi SAC berbasis android. SAC adalah singkatan dari Smart Apps Creator. Ini adalah semacam pembuat aplikasi tapi versi agak instan, tidak memakai coding coding yang terlalu ribet. Media ini dapat diisi dengan berbagai hal untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Kita bisa melengkapinya dengan animasi, video, text, gambar dan suara Setelah tersusun, media ini kemudian dapat dibagikan ke siswa untuk diinstal digawai mereka. Setelah terinstall, siswa dapat menjalankannya tanpa internet.
Berikut ini skema alur rancangan alat peraga pelajaran dengan SAC berbasis android yang kami kembangkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar materi Exppressing Advice in English:
 Tabel 1. Skema alur rancangan alat peraga pelajaran dengan SAC

Adapun  rancangan flow chart untuk produk media pembelajaran berbasis aplikasi dapat dilihat pada Gambar 1 berikut.
Berdasarkan rancangan   flow chart tersebut, selanjutnya produk media dapat diproduksi dengan menggunakan software SAC menjadi sebuah aplikasi.

B. Alat Yang Digunakan
Untuk membuat alat peraga pelajaran dengan SAC berbasis android ini kami menggunakan beberapa alat sebagai berikut : ... (isi dengan alat apa saja yang anda gunakan untuk membuat SAC.

BAB III  PROSEDUR PEMBUATAN ALAT PERAGA/PELAJARAN

A. Tahap Perencanaan
Yang termasuk dalam tahap perencanaan ini adalah merumuskan indikator pembelajaran, kemudian menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, komponen produk, dan daftar rujukan materi yang digunakan dalam pembuatan produk media pembelajaran. KD yang dipilih dalam aplikasi berbasis SAC yang akan kami buat adalah KD di pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI expressing advice.
Tulis isi materi pembelajaran dan soal latihan di MS Words. Kata-katanya model ringkas saja untuk bagian materi. Untuk soal bisa berbentuk pilihan ganda, menjodohkan atau model lain. Kalau saya memakai model pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban.

B. Tahap Pengembangan Awal Produk
Tahap selanjutnya adalah pengembangan bentuk awal produk. Termasuk dalam tahap ini adalah: 
1) Pengembangan bentuk awal produk dilakukan dengan membuat flow chart aplikasi media pembelajaran. Setelah membuat flow chart selanjutnya adalah menyusun media pembelajaran dengan menyiapkan materi, gambar, suara, animasi, dan komponen lain yang diperlukan ke dalam software SAC dalam satu folder.

2) persiapan komponen pendukung seperti  gambar, audio, animasi maupun video yang dibutuhkan untuk pengembangan media agar saat kita mengerjakan aplikasi dengan SAC kemudian akan bisa lebih efisien. Berikut ini persiapan komponensecara lebih mendetail:
a. Siapkan video jika menggunakan. Berbentuk MP4. Saya menggunakan video pembelajaran di Portal Rumah Belajar tentang Expressing Advice. Saya memilih menggunkan metode video yang sudah saya download. Bisa juga menautkan link video di Youtube. Video saya hanya sekitar 3 menitan saja karena aplikasi akan jadi berat jika videonya terlalu panjang. Malah menurut saya dua menitan saja sudah cukup. Karena video saya cukup besar, saya compress dulu agar lebih ringan. Dan hasilnya saat dijalankan di SAC bisa lancar.
b. Siapkan file suara MP3 jika menggunakan. Kalau saya menggunakan file suara untuk kegiatan latihan listen and repeat. Jadi di aplikasi saya itu ada bagian dimana siswa dapat mendengarkan suara berbahasa Inggris saat mereka memencet gambar, lalu siswa mengikuti kata itu.  Kata dan frase berkaitan dengan ungkapan saran yang sedang dipelajari.
c. Siapkan gambar pendukung. Gambar yang terkait dengan pelajaran dan gambar untuk mendukung tampilan. Untuk gambar misalnya saya menyiapkan gambar orang dengan bubble speech berbentuk Png agar lebih menarik tampilannya. Untuk gambar lainnya misalnya gambar background sekitar 3 atau 4 macam, bisa Png bisa Jpg.
d. Siapkan gambar tombol-tombol. Karena ini nanti berupa aplikasi HP yang dipencet – pencet, kita memerlukan beberapa gambar tombol/button. Bisa memilih yang polosan, atau bisa memilih yang sudah ada tulisannya. Tombol yang diperlukan nanti misalnya tombol Home, Back, Prev, Start atau Restart. Jika menggunakan soal pilihan ganda, bisa juga menyiapkan tombol opsi a, b,c atau d. Semua perlengkapan itu kemudian kita kumpulkan jadi satu folder di laptop kita.

3) Mendownload dan menginstall aplikasi Smart Apps Creator di Laptop, berikut ini detail langkah-langkahnya:
  • Buka web browser, masukkan alamat download file master aplikasi SMART APP CREATOR di bawah ini ke web browser dan tekan enter  https://smartappscreator.com..
  • Unduh  file  yang  sesuai  dengan  Spek  komputer  kita,  dengan  cara  klik  kanan download. Lalu hasil download file yang berhasil diunduh disimpan dalam sebuah folder di drive D atau E.
  • File instalasi yang ada di komputer merupakan aplikasi yang harus diinstall di komputer, bukan di handphone.
  • Buka file aplikasi Smart Apps Creator_3.1.7_en.exe dengan cara klik dua kali untuk menginstall.
  • Ada pertanyaan pada layer setelah klik dua kali pada file Smart Apps Creator_3.1.7_en.exe, klik yes untuk melanjutkan instalasi.
  • Ikuti langkah selanjutnya pada langkah instalasi sampai langkah finish.
  • Buka aplikasi hasil instalasi. Buka Aplikasi Smart Apps Creator_3.1.7_en, abaikan nomor register.
  • Isikan email masing-masing peserta. Klik trial 30 days. Lalu akan muncul tampilan SAC pada layar anda.
Gambar 7. Tampilan awal SAC pada layar komputer

C. Tahap Penyusunan Materi Pembelajaran Interaktif Berbasis SAC
1. Pengaturan Jenis Device. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Welcome Page. Disini disajikan pilihan jenis device. Apakah aplikasi yang akan dibuat untuk iPad, untuk iPhone, atau untuk Android. Apakah konten media yang akan dibuat secara horizontal, vertikal atau mixed keduanya. Dalam media yang saya buat ini, saya memilih horizontal, device yang dipilih adalah android dengan skala rasio; width : 1920, dan height : 1980. Setelah yakin, klik : Submit.

(di tiap poin tahap penyusunan ini, lengkapi dengan foto tampilan saat anda membuat SAC, dokumentasikan langkah per langkahnya)

2. Mulai membuat. Model tampilannya sebenarnya pada dasarnya mirip dengan kalau kita mau buat presentasi di Power Point. Bisa insert Text, Gambar, Video maupun Suara. Kalau untuk media pembelajaran di pelatihan ini, kita membuat 5 bagian utama : Opening, Home, Materi, Quiz, dan Developer. Tiap bagian utama itu nanti akan dibuat sub bagiannya. dst.

3.     Setiap selesai membuat dan kita mau keluar, jangan lupa disave. Bentuk nya berupa file SHL yang nanti masih bisa dibuka dan diedit setiap kita buka SAC di laptop. Caranya : Klik kanan ikon Smart Apps Creator yang terdapat dipojok kiri atas lalu pilih Save. Tentukan direktori penyimpanan. Berikan nama file’nya. Lalu klik Save. dst.

BAB IV   PENGGUNAAN ALAT PERAGA/PELAJARAN

Setelah selesai kita susun dan selesai kita siapkan jadi aplikasi, klik bagian kiri atas, lalu scroll ke bawah pilih output. Nanti kita akan mengisi sedikit data dan mengupload sebuah gambar ikon kecil untuk aplikasi kita. Kemudian tinggal kita copy ke dalam penyimpanan internal di HP kita dan diinstal di HP. Bisa di share ke siswa  lewat WA atau Telegram, lalu siswa menginstallnya di hp mereka.
 
Jika masih ada beberapa anak mengalami kesulitan mengakses dengan gawai mereka, guru dapat membantu dengan memberi contoh cara mengaksesnya. Setelah itu mereka dapat mengamatinya secara berpasangan atau mendiskusikannya dengan kelompok mereka. Aplikasi Fun English – Expressing Advice ini pun dapat kemudian diakses secara berulang dimana saja dan kapan saja tanpa menggunakan jaringan internet (offline).

Gambar 8. Menjelaskan pada siswa  cara pemanfaatan aplikasi SAC 

Peserta didik yang sudah menginstall aplikasi Fun English – Expressing advice ini kemudian dapat mengamati materi, berlatih soal dan berlatih menyimak serta mengucapkan kosakata Bahasa Inggris terkait ungkapan advice. Siswa akan lebih paham saat materi pembelajarannya dapat mereka baca berulang. Dan menariknya dapat mereka gunakan secara interaktif di rumah melalui gawai mereka tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Untuk belajar mengucapkan ungkapan advice, siswa tinggal mengklik gambar kartun di aplikasi Fun English dan akan muncul suara berupa berapa ungkapan bahasa Inggris expressing advice. Siswa lalu dapat menirukannya berulang ulang. Demikian juga dengan latihan soal yang dapat dikerjakan secara interaktif.

Gambar 9. Dua siswa menggunakan aplikasi Fun English di rumah

Setelah peserta didik berlatih expressing advice melalui SAC, peserta didik kemudian diminta mempraktekkannya dengan cara menyusun sebuah dialog expressing advice. Dialog yang mereka buat diarahkan untuk mengikuti pola seperti yang sudah diajarkan melalui SAC tersebut agar mereka lebih mudah dan PD saat nanti mempraktekkan dialog yang sudah mereka buat itu di depan kelas.
Detail penggunaan alat peraga video pembelajaran ini terlaksana sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai berikut:
(Lengkapi dengan RPP anda yang melibatkan penggunaan SAC ini di kegiatan belajar mengajar anda)

BAB V  PENUTUP

A. DAMPAK
Peserta didik merasa terbantu untuk mengulang materi Expresing Advice di rumah dengan menggunakan aplikasi SAC berbasi Android Fun English ini. Apalagi bagi siswa yang pemalu, mereka dapat berlatih dulu di rumah dengan mengulang-ulang ungkapan pada pembelajaran ini. Saat tampil untuk dinilai keterampilan berbicara dalam expressing advice mereka menjadi lebih percaya diri. 

Salah satu kelebihan aplikasi SAC Fun English ini adalah beberapa jenis materi dapat dikemas dengan lebih menarik bagi siswa. Beberpa bagian juga dapat dilakukan secara interaktif. Peserta didik mendapat pengalaman belajar yang beragam melalui media pembelajaran ini. Dlam aplikasi SAC Fun English ini siswa diapandu untuk belajar mandiri baik dari ranah kognitif, berlatiih memahami teks lisan tulis (reading), memperhatikan pengucapan Bahasa Inggris(listening) dan kemudian menirukannya atau mempraktekkan dalam variasi lain (speaking). Dampaknya kemampuan peeserta didik dalam mempelajari expressing advice menjadi meningkat

B. SIMPULAN
Dalam penyampaian materi pembelajaran, guru seharusnya berupaya adaptasi dengan penggunaan Teknologi Informatika dalam pembelajaran bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Guru juga harusnya menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman, dimana peserta didik saat ini lebih tertarik dan terampil dalam mengoperasikan gawai mereka. Aplikasi SAC Fun English ini merupakan salah satu upayanya.

Media pembelajaran ini dapat diisi dengan kaya materi dan latihan yang interaktif serta menarik. Isinya dapat disesuaikan dengan kurikulum dan keampuan peserta didik yang guru hadapi. Jadi selain menarik, content nya pun bisa disesuaikan. Apalagi dapat diakses dengan mudah dimanapun tanpa harus terhubung dengan internet. Aplikasi SAC Fun English ini sesuai digunakan oleh peserta didik kelas XI Bahasa SMAN ...  untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris materi Expressing Advice.
******

Demikian contoh laporan sederhana yang saya buat untuk menilaikan karya SAC saya dalam Berkas Kenaikan Pangkat pada bagian pengembangan diri. Bagi guru, membuat sebuah alat peraga, misalnya SAC ini, tujuan utamanya adalah untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. SAC ini merupakan salah satu sarana alternatif untuk jadi alat peraga guru. Tampilannya yang menarik seperti game di gawai siswa, membuatnya menjadi lebih menarik. Harapannya, saat siswa lebih tertarik maka materinya dapat tersampaikan dengan lebih baik.

Sebagai bonus, guru dapat membuat laporan mengenai pembuatan dan pemanfaatan SAC ini untuk tambahan nilai pada kenaikan pangkat. Tentu saja anda dapat menyesuaikan laporan ini sesuai dengan keadaan di kelas anda, hanya saja patokannya adalah tetap pada urutan yang tercantum di buku 4 PKB Guru dan sertakan juga tautan atau CD atau Flasdisk berisi aplikasi SAC yang telah anda buat agar penilai dapat mencobanya juga. Tetap semangat yuk Guru Indonesia.
Never stop learning 'cause life never stop teaching!

Berikut, saya juga mempunyai contoh laporan kenaikan pangkat guru untuk pembuatan media pembelajaran berupa video pembelajaran: Contoh Laporan Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru

Semoga bermanfaat. Salam Belajar.





You Might Also Like

13 comments

  1. Salut sama Bu guru, bisa membuat aplikasi android SAC untuk pembelajaran bahkan untuk para guru juga.

    Aku kurang mudeng masalah pembuatan aplikasi, tahunya cuma pakai saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehe ini juga posiiing mas blajarnya
      maklum sudah tuwir

      Hapus
    2. Biarpun pusing tapi setidaknya berhasil buat aplikasi.

      Kalo aku pusing nya doang, aplikasi nya ngga jadi, ya udah pakai jalan pintas download saja di play store.🤣

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat. Terutama buat sobat guru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasiih bunda nur. Saya sudah baca juga lho postingan bunda yang tentang pantun menyambut Ramadhan. bagusss banget bun :)

      Hapus
  3. Woow...luar biasa bu guru, mantap nih aplikasi SAC kayaknya. Yang kelebihanya bisa di gunakan secara ofline.

    BalasHapus
  4. penjelasannya detil sanget membantu sekali untuk yang lagi ngerjain

    BalasHapus
  5. semoaga guru di konoha selalu jaya, diluaskan rizkinya

    BalasHapus
  6. Aplikasi yang sangat bermanfaat untuk siswa agar giat belajar. Jaman sekarang memang para pelajar memang lebih suka membuka aplikasi daripada membuka buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, soalnya sambil belajar bisa colong-colong lihat IG.🤣

      Hapus