EDENSOR, Tempat Impian

02.59


Dalam angan saya, inilah tempat impian yang ingin saya kunjungi. Inilah desa dalam novelnya Andrea Hirata yang berjudul Edensor. Mulanya saya kira ini hanyalah khayalan murni fiksi. Tapi ternyata memang ada tempat yang bernama Edensor di muka bumi ini. Dan sejak itu saya seperti dihantui tempat ini. Sepertinya saya bisa merasakan bau desa ini saat membaca baris-baris kalimat yang ditulis Andrea Hirata dalam buku tersebut.

Edensor adalah nama sebuah desa di kawasan Derbyshire, Peak District, di negara Inggris. Desa ini menawarkan suasana klasik yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Perjalanan dapat ditempuh dengan bis dari London selama sekitar tiga jam.

Begitu memasuki alam pedesaan Derbyshire, pemandangan akan berganti dengan suasana alam dengan rerumputan hijau dan berbagai hewan ternak seperti sapi, domba, dan rusa. Landmark pertama yang terlihat di desa Edensor adalah Gereja St. Peter dengan menaranya yang setinggi 50, 5 meter. sebuah gereja yang berdiri sejak 1869 dengan arsitektur klasik dan menyimpan banyak nilai sejarah Inggris.Sama seperti yang terdapat di gambar latar belakang cover novel Edensor.

Aiih betapa inginnya saya melalui jalan-jalan di desa itu. Melalui rumah-rumah penduduk yang hanya tigapuluhan rumah dengan jalan perlahan. Duduk-duduk di bawah pohon oak di tepi padang. Menghirup aroma Edensor secara langsung. Bukan hanya sekedar dalam angan.

You Might Also Like

0 comments