OGN 2019 ; Peluang Anda Lebih Besar Tahun Ini!

19.32


Apa itu OGN?

Olimpiade Guru Nasional ini diadakan oleh KESHARLINDUNGDIKMEN yang sangat kredibel menjalankan lomba berskala nasional bagi guru. KESHARLINDUNGDIKMEN adalahKesharlindung Dikmen merupakan salah satu Subdit pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah yang menangani Kesejahteraan, Penghargaan dan Pelindungan guru pendidikan menengah. Lomba ini untuk ajang guru berkompetisi dalam mengerjakan soal-soal sesuai bidang mata pelajaran yang diampunya.

Pendaftaranpun sekarang semakin fleksibel karena guru manapun, pangkat apapun, dinas di pelosok terpencil pun bisa mendaftar. Itu karena sudah beberapa tahun ini, pendaftaran berlangsung secara online. Sangat mudah dan terbuka. Tidak perlu lagi berjenjang, model tunjukan per kabupaten sepert
i jaman baheula.

Baca juga :   Contoh Artikel Gagasan Ilmiah

Manfaat Mengikuti OGN

Buktinya, saya tahun lalu bisa mengikuti dua kegiatan Kesharlindung. Padahal saya guru biasa saja, yang tidak akan pernah dipilih kalau dengan sistem tunjukan model dulu. Dan Alhamdulillah, berasa sekali banyak manfaatnya.
1. Wawasan bertambah.
Ikutan kegiatan-kegiatan KESHARLINDUNG akan membuka kemungkinan anda bertemu dengan pembicara-pembicara hebat tingkat nasional. Yang biasanya hanya bisa kita lihat di TV! Ilmu dan wawasan mereka yang luas siap dibagi.
2. Tambah teman, tambah saudara.
Kegiatan Kesharlindung yang ikutaan wooow.. bisa ribuan.. dari pelosok Sabang sampai Merauke. Tambah sahabat bahkan dari kota yang kadang belum pernah kita dengar.
3. Ngrejekeniii
Alhamdulillah bisa nambah rejeki. Dapat BINTEK di hotel secara gratisss. Bahkan kalau pas rejeki jadi finalis nasional, bisa dapat tiket pesawat gratis dengan hadiah yang bisa buat beli laptop. Apalagi jika sampai menang, hadiahnya puluhan juta. Tetapi ngrejekeni itu bukan hanya itu. Bukan hanya sekedar materi tapi juga dalam bentuk rejeki ilmu dan pengetahuan akan kebijakan terbaru.
Kebijakan baru membuat peluang anda lebih besar!
Kenapa? Karena peraturan baru melarang para Jawara Kesharlindung - bahkan finalisnya - tidak boleh lagi mendaftar tahun ini. Finalis tahun 2017 - 2018 dari lomba apapun yang didakan Kesharlindung.
Yuuk, bu guru - pak guru.. mari dicoba!

Pedoman OGN 2019

MATA PELAJARAN YANG DILOMBAKAN
Jenis mata pelajaran yang dilombakan pada lomba OGN tiap tahun bisa berbeda. Untuk tahun OGN 2019 ini mata pelajaran yang dilombakan:

  1. Matematika : guru SMA/SMK/SLB  
  2. Bahasa Indonesia : guru SMA/SMK/SLB
  3. Bahasa Inggris : guru SMA/SMK/SLB
  4. Fisika : guru SMA/SMK
  5. Biologi : guru SMA/SMK
  6. Ekonomi : guru SMA/SMK
  7. Sosiologi : guru SMA/SMK
  8. Bahasa Jepang : guru SMA/SMK
  9. Program Kebutuhan Khusus : guru SLB


PERSYARATAN ADMINISTRASI:

a. Mendaftar secara online pada laman www.kesharlindungdikmen.id , KLIK pada icon ‘DAFTAR’
b. Guru SMA/SMK/SLB Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau bukan PNS (dibuktikan dengan Surat Keputusan sebagai Guru Tetap Yayasan (GTY) )
c. Memiliki NUPTK, (nanti saat mendaftar akan diminta mengisi nomor nuptk dan scannya)
 dan atau yang belum memiliki NUPTK tercatat di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK Kemdikbud) yang dibuktikan dengan tangkapan layar (screenshot) Dapodik dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi
d. Memiliki masa kerja sebagai guru SMA/SMK/SLB secara terus-menerus, sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun dibuktikan dengan SK CPNS atau SK Pengangkatan bagi guru bukan PNS.
e. Memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D4.
f. Surat pernyataan sebagai guru yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
g. Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja di luar satuan pendidikan.
h. Belum pernah menjadi finalis pada semua kegiatan lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Subdit Kesharlindung Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus dalam 2 (dua) tahun terakhir (2017-2018).
i. Bidang lomba yang diikuti sesuai dengan tugas yang diampu. j. Mengirimkan artikel/gagasan ilmiah. Semua persyaratan administrasi diunggah pada laman www.kesharlindungdikmen.id  



Artikel/gagasan ilmiah bertema “Menanamkan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran berorientasi HOTS”. Mata pelajaran yang dimaksud sesuai dengan yang diampu dan dibuat secara khusus untuk mengikuti lomba OGN.

Untuk wawasan anda saat membuat artikel gagasan ilmiah, baca : HOTS Dalam Pembelajaran

Selamat bergabung dengan KESHARLINDUNG dan mengikuti kompetisi OGN.


Sumber : www.kesharlindungdikmen.id

You Might Also Like

0 comments